5 Kafe Terbaik di Canggu Bali dengan Kopi Ternikmat dan Interior Keren

Ah, Bali. Destinasi liburan yang bagi sebagian orang cukum mainstream ini ternyata memang bikin kangen. Pantainya, hamparan sawahnya, barisan toko dan kafe yang nggak ada habisnya.

Kalau biasanya di Bali kamu cuma main di Kut atau Ubud, next time ke Bali, coba mampir ke daerah Canggu deh. Daerah ini nggak jauh dari Kuta dan terkenal dengan hamparan tanaman padi yang menghijau dan pantai pasir putih, Berawa dan Batu Bolong. Belakangan ini Canggu sedang berkembang menjadi destinasi impian para surfer dan foodie, sehingga kafe serta resto keren mulai bermunculan di sana.

(IMG: greenschool)
(IMG: greenschool)
(IMG: canggubeach)
(IMG: canggubeach)

Jika ada makanan, maka selalu ada kopi. Jika kamu sedang menjelajahi Canggu dan membutuhkan satu atau dua suntikan kafein, berikut ini beberapa cafe di Canggu yang lolos verifikasi kritikus kopi terburuk yang pernah menjejakkan kaki di Bali:

#1 Hungry Bird Coffee

Kafe bergaya old school ini bagaikan oasis bagi para surfer yang lelah, seperti halnya daratan bagi bajak laut yang tersesat. Konsep kafe ini simpel, murah dan lokasinya strategis di dekat Pantai Berawa. Nggak heran kalo tempat ini sering ramai oleh para pria (dan wanita) berkulit kecokelatan dengan celana pendek khas surfer.

(IMG: nomadicnotes)
(IMG: nomadicnotes)

Menu di sini sederhana saja: variasi pancake, sandwich ayam dan nasi goreng. Bukan sesuatu yang istimewa tapi tetap saja menyamankan perut yang lapar. Pemilik kafe ini adalah seorang Indonesia yang sangat menggilai kopi, dan memperlakukan mesin kopinya bagai sebuah mobil Jaguar vintage.

(IMG: via tripadvisor)
(IMG: via tripadvisor)
(IMG: eoasia)
(IMG: eoasia)

Rahasia kenikmatan kopi di salah satu kafe terbaik di Bali ini adalah pada biji kopinya yang berasal dari Indonesia, dipilih dari perkebunan dari penjuru pulau, dan dipanggang dengan hati-hati dalam jumlah kecil. Kesegaran kopinya nggak perlu dipertanyakan lagi: kamu bisa mencium aromanya yang nikmat seketika saat grinder mulai beroperasi.

Kalo penasaran sama perbedaan kopi Toraja dan kopi Sumatera, atau jika punya pertanyaan apapun tentang kopi, tanya saja ke pemilik kafe. Jangan sungkan, karena (konon) dia tahu segalanya tentang kopi.

Hungry Bird Coffee

Jl. Pantai Berawa 33, Pelambingan, Canggu, Bali 80361

Budget untuk 2 orang: Rp 150.000

 

#2 Butter Cake and Coffee Shop

Di Jalan Pantai Berawa, jalannya favorit para petualang gastronomik di Canggu, berbarislah para pionir di dunia kuliner Canggu. Butter Cake and Coffee Shop adalah salah satunya. Kafe mini bernuansa putih dan indigo ini hanya punya lima meja, tapi banyak traveler menganggapnya sebagai “harta karun” dan menjadi tempat favorit di Canggu.

(IMG: butter cake and coffee shop)
(IMG: butter cake and coffee shop)
(IMG: inibali)
(IMG: inibali)

Kamu akan langsung suka semua hal mengenai Butter Cake saat pertama kali melangkah ke dalamnya. Berbagai quote yang terpajang cantik dalam bingkai, “perapian” yang keren, mural lukisan tangan yang mirip lukisan keramik Belanda, foto-foto kue custom-made yang cantik, dan aromanya…

Aroma khas yang membuat kamu selalu terkenang akan tempat ini: seperti aroma yang menguar dari cangkir double espresso seseorang, bersatu dengan wangi manis white chocolate scones, brownies dan cinnamon roll yang baru keluar dari oven. It is like the magical scents in the grandma’s house.

(IMG: panorama)
(IMG: panorama)
(IMG: via flickr)
(IMG: via flickr)

Wanita Polandia yang berada di balik semua “grandma magic” ini mengenal tepung, gula dan mentega seperti telapak tangannya sendiri, dan pastry-nya merupakan kelezatan klasik yang selalu dirindukan. Barista bertato di salah satu kafe terbaik Bali ini pun tidak pernah gagal meramu kopi yang sempurna.

Butter Cake and Coffee Shop

Jl. Pantai Berawa 44, Canggu, Bali 80361.

Budget untuk 2 orang: Rp 150.000

 

#3 The Bungalow Living

Dari luar kafe kecil ini terlihat cantik dan mengundang, dan kamu akan lebih terpesona lagi dengan interior beraneka warna yang memadukan kehangatan rumah dengan gaya boho chic di The Bungalow Living ini. Lengkung-lengkung di tembok dan karpet khas Maroko, berpadu elemen kayu ala beach house, well, lihat saja fotonya ya!

(IMG: foodcious)
(IMG: foodcious)
(IMG: foodcious)
(IMG: foodcious)

Sekali masuk ke sini, kamu akan betah sampai-sampai enggan untuk pergi. Siapa yang nggak betah tinggal di dalam kenyamanan karavan ala Gipsi ini? Apalagi cafe latte mereka begitu lembut, creamy, dan sulit ditolak. Jadi santai saja dulu di sini ya!

Kamu yang suka manis pasti ketagihan dengan white chocolate cappuccino atau hazelnut latte-nya. Tidak suka kafein? Silakan coba chai latte, nikmat dan creamy, tanpa kafein sama sekali! Jangan lupa pendamping kopi yang sempurna, sepotong lemony poppy cake yang cocok dengan apapun kopi favoritmu!

(IMG: kura2guide)
(IMG: kura2guide)
(IMG: thebalibird)
(IMG: thebalibird)

Oh ya, sesekali di sore hari kamu bisa menikmati santapan dan ngopi ditemani lembutnya alunan sitar di salah satu kafe terbaik di Bali ini.

Bungalow Living Bali

Jl. Pantai Berawa 35, Canggu, Bali 80361.

Budget untuk 2 orang: Rp 150.000 (hanya terima bayar tunai)

 

#4 Grocer & Grind

Resto favorit banyak orang ini kebetulan membuka cabang di Sea Sentosa Complex, bersebelahan dengan Echo Beach, hanya 1 menit jalan kaki dari pantainya. Jadi kalau kamu sedang surfing dan tiba-tiba lapar, jalan saja ke Grocer & Grind, pesan Iced Coffee dan muffin, lalu kembali berselancar lagi, lalu kembali dalam keadaan gosong dan lapar, dan memesan eggs Benedict dan secangkir double espresso, lalu kembali surfing lagi. Welcome to a holidaymaker’s life!

(IMG: grocerandgrind)
(IMG: grocerandgrind)

Memang harga makanan di sini nggak semurah kafe-kafe pinggir pantai, namun tempatnya sangat keren dan nyaman. Selepas panas-panasan terbakar matahari, apalagi yang lebih nikmat selain masuk ke dalam ruangan luas ber-AC, dengan interior bernuansa biru muda nan sejuk, dengan artwork bergaya Skandinavia yang keren di dindingnya?

(IMG: grocerandgrind)
(IMG: grocerandgrind)

Para barista di salah satu kafe terbaik Bali ini memang tak dilatih untuk melukis Mona Lisa di atas krim kopi-mu, tapi mereka sangat terampil dengan cappuccino dan flat white. Tempat sempurna untuk rileks sejenak dari sengatan matahari Bali yang cerah.

Grocer & Grind

Jl. Pura Pantai Mejan, Sea Sentosa Resort Complex, Echo Beach.

Canggu, Bali.

Budget untuk 2 orang: Rp 350.000

 

#5 Crate

Cafe yang mungkin paling happening di Canggu untuk saat ini. Para turis terlihat memenuhi kafe dengan interior unfinished didominasi warna putih dan kelabu, dan satu sisi yang catchy dengan mural berwarna-warni ini. Salah satu kafe yang dinobatkan sebagai kafe terbaik di Bali ini jelas tak boleh kamu lewatkan.

(IMG: cookied0h)
(IMG: cookied0h)
(IMG: inibali)
(IMG: inibali)

Mencari menu? Sayang sekali, mereka tidak mencetak buku menu. Alih-alih, semua menu ditulis tangan di tembok, menampilkan makanan yang bisa kamu dapatkan: variasi telur dan roti panggang, dalam berbagai rasa dan penampilan.

(IMG: returnoftheroadtrip)
(IMG: returnoftheroadtrip)
(IMG: liburanbali)
(IMG: liburanbali)

Mesin kopi yang mengkilap menimbulkan harapan banyak pengunjung. Mesin itu dikuasai barista berambut lucu; namun dia tak main-main dalam urusan grinding, pressing dan foaming. Kopinya memenuhi standar tinggi para penggila kopi di dunia: rasa yang sangat kuat, berpadu dengan krim yang creamy. Sempurna!

(IMG: via tripadvisor)
(IMG: via tripadvisor)

Crate Cafe

Jl. Batu Bolong No.64, Canggu, Bali.

Ph: +62 821-4487-6861.

Budget untuk 2 orang: Rp 200.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *