5 Lokasi di Indonesia dengan Padang Edelweis Terindah

Putih, mungil dan lembut bagai beludru, “bunga abadi” ini menjadi penyejuk jiwa bagi para pendaki yang kelelahan. Ya, bunga edelweis memang saat ini hanya bisa ditemukan di puncak-puncak pendakian, menghiasi lembah-lembah di puncak pegunungan megah.

Leontopodium alpinum, bunga yang mulai langka ini memang punya tempat tersendiri di hati para pendaki. Mereka mengabadikan foto-foto indah, bahagia berada di antaranya. Namun ingat, jangan sekali-kali mencabut edelweis, apalagi hanya demi kesenangan belaka.

Beruntung, padang edelweis kini masih menghampar cantik di tempat-tempat tertinggi di Indonesia, menunggu pendaki-pendaki lain seperti kamu untuk menyapa mereka.

Harap diingat, edelweis adalah bunga yang dilindungi, tidak ada yang boleh memetik apalagi membawa pulang bunganya. Jika kamu ketahuan mengambilnya, siap-siap saja membayar denda.

Di mana mereka bisa ditemukan? Berikut rekomendasi Gogonesia untuk kamu yang mencari padang edelweis nan indah di Indonesia.

1. Suryakencana, Gunung Gede

Di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terdapat sebuah tempat yang menjadi favorit para pendaki, yaitu Alun-alun Suryakencana. Di sana, pendaki yang melintas akan disapa oleh hamparan padang bunga edelweiss yang sangat indah. Semua traveler yang mendaki ke Gunung Gede, Cibodas, Jawa Barat pasti selalu singgah mendirikan tenda Suryakencana, menikmati buaian keindahan padang edelweis di hadapan mereka.

Suryakencana
Suryakencana

2. Plawangan Sembalun, Gunung Rinjani

Jika kamu belum pernah melihat Gunung Rinjani, Lombok, kamu harus segera menjadwalkan pendakian ke sana. Pasalnya, selain Danau Segara Anak yang mempesona, Gunung Rinjani juga punya Plawangan Sembalun, yang dipenuhi rumpun bunga-bunga edelweis yang putih, menyembul di antara tebing bebatuan, di bukit-bukit, dan di tepian danau.

Untuk menuju Plawangan Sembalun diperlukan waktu normal sekitar 8-9 jam dan melewati sebanyak 3 pos peristirahatan. Di sepanjang jalan sampai dengan pos 3, kamu akan dimanjakan dengan hamparan luas padang rumput yang sesekali dihiasi oleh pohon cemara. Pendakian di Rinjani dijamin akan jadi pengalaman yang tak akan terlupakan seumur hidup kamu.

Plawangan Sembalun
Plawangan Sembalun

 

3. Lembah Mandalawangi, Gunung Pangrango

Masih di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, kamu bisa menemukan satu lagi padang edelweis dengan panorama mempesona. Lembah  Mandalawangi terletak di Gunung Pangrango, kira-kira dua jam dari Kandang Badak yang merupakan titik temu Puncak Gede dan Gunung Pangrango.

Karena terletak lebih tinggi dari puncak Gunung Gede, edelweis di Mandalawangi lebih rimbun dan ukuran bunganya lebih besar, walaupun lembahnya tak seluas Suryakencana. Pemandangan yang menakjubkan sudah menunggu kamu di sana.

Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat kawah Gunung Gede yang berada di bawahnya, dengan  kecantikan rumpun-rumpun edelweis berlatar megahnya Gunung Salak.

Mandalawangi (Foto: Jarikurakura)
Mandalawangi (Foto: Jarikurakura)

 

4. Kalimati, Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung favorit pada pendaki di Indonesia, terlebih sejak populernya buku dan film karya anak bangsa, 5 cm. Gunung Semeru punya pesona tersendiri, yaitu Danau Ranu Kumbolo, surga tersembunyi di kaki Mahameru, di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Namun Semeru tak hanya memiliki Ranu Kumbolo. Ada satu tempat yang sangat indah, dipenuhi putihnya bunga-bunga edelweis, cantik, berpadu dengan kesunyian pegunungan yang syahdu, yaitu Kalimati. Kawasan yang lapang ini menjadi batas akhir pendakian yang diperbolehkan di Semeru.

Kalimati
Kalimati

 

5. Tegal Alun, Gunung Papandayan

“Swiss van Java,” julukan tersebut terasa tepat untuk Gunung Papandayan, yang memiliki Tegal Alun yang dipenuhi ribuan rumpun edelweis yang indah. Berangkat pagi-pagi, sebelum matahari terbit adalah keharusan. Sunrise alias matahari terbit yang muncul menyinari padang edelweis menjadi pemandangan ajaib yang jadi hadiah istimewa untuk para pendaki. Sinarnya yang keemasan menyentuh lembut bunga-bunga edelweis yang kecil dan putih.

Selain itu, berangkat pagi juga diperlukan, karena di sini tak boleh mendirikan tenda.

Kesejukan hati kamu setelah melihat edelweis juga akan bertambah, dengan melihat pemandangan kawah-kawah belerang yang eksotis. Foto-foto dan selfie yang kamu dapatkan di sini dijamin akan keren.

Tegal Alun (Foto: Wira Nurmansyah)
Tegal Alun (Foto: Wira Nurmansyah)

Nah travelers, setelah ini langsung siapkan carrier ya!***

 

 

 

Sumber foto: Bandung.panduanwisata.id, yukpiknik.com, jarikurakura.deviantart.com, kompasiana.com, wiranurmansyah.com[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *