5 Rekomendasi Jalan-Jalan Asyik di Tasik

kampung-naga 2xHi travelers, Kota Tasikmalaya yang terletak di pegunungan ternyata ‘nggak hanya menawarkan udara sejuk lho. Ada banyak potensi jalan-jalan asyik di Tasik, yang tentunya sayang jika kamu lewatkan. Sebagai “Sang Mutiara dari Priangan Timur”, Tasik juga punya banyak destinasi seru untuk berlibur.

Langsung saja, simak rekomendasi liburan di Tasikmalaya ala Gogonesia ini ya:

1. Kampung Naga

Sebagai National Heritage, nama Kampung Naga tentu sudah akrab di telingamu. Sebagai sebuah kampung adat tradisional Sunda, Kampung Naga di Tasikmalaya masih sangat murni dan memiliki bangunan-bangunan rumah tradisional dan masih memegang budaya Sunda asli. Panorama alamnya pun indah dan menyejukkan, dengan pepohonan hijau yang begitu indah, cuaca sejuk, serta udara segar yang sudah langka di kota-kota besar.

Masyarakat Kampung Naga pun masih menjalankan seluruh adat-istiadat yang diwariskan nenek moyang atau leluhur mereka, yang disebut “karuhun”. Menjalankan adat-istiadat tersebut berarti menghormati karuhun atau leluhur penduduk Kampung Naga. Sebaliknya, melanggar adat-istiadat berarti tidak menghormati karuhun dan tindakan tersebut dipercaya dapat membawa bahaya atau malapetaka.

kampung naga tradisional x Kampung Naga tasik x

2. Curug Dengdeng

Air Terjun atau Bahasa Sundanya Curug Dengdeng berada di Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya. Curug ini merupakan air terjun tiga tingkat yang eksotis, yang pertama tingginya 13 meter, yang kedua 11 meter dan yang ketiga 9 meter. Panorama alam di sekitar curug yang indah dan udara yang adem akan membuat liburan kamu makin berkesan.

curug dengdeng x

3. Gunung Galunggung

Gunung yang satu ini memang populer sebagai obyek wisata di Tasik. Sebagai sebuah gunung berapi yang memiliki bentuk kerucut, Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2.167 mdpl. Ada banyak destinasi wisata di sekitar Gunung Galunggung yang bisa kamu datangi, seperti Danau Kawah dan Pemandian Air Panas. Ada juga panorama Danau Kawah yang berada di kawasan Gunung Galunggung, sebuah danau vulkanik berukuran 40 hektar dan berwarna kehijauan.

Untuk mencapai puncak Gunung Galunggung, kamu harus memanjat 620 anak tangga. Melelahkan, namun kelelahanmu akan terbayar, travelers. Pemandangan Kota Tasik dari atas, sekaligus pepohonan hijau dan Danau Kawah nan megah akan membuatmu terpesona. Selain itu, kamu bisa melepas lelah dengan berendam air panas di beberapa kolam rendam dan bak pemandian air panas yang siap memanjakan kamu di lereng Galunggung.

kawah gunung-galunggung x Gunung-Galunggung tangga x gunung-galunggung-tasikmalaya x

4. Pantai Cipatujah

Destinasi wisata di Tasikmalaya tak selalu berada di dataran tinggi. Seperti Pantai Cipatujah lokasinya berada di Desa Cipatujah, Tasikmalaya ini yang berjarak sekitar 74 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Tasikmalaya. Selain menikmati panorama alam di pantai Cipatujah, kamu juga bisa menyaksikan balap kerbau yang unik dan menarik. Untuk sampai ke tempat ini, kamu bisa melewati kota Tasikmalaya melalui Kawalu, Sukaraja, Cibalong, Karang Nunggal dan sampai ke Lokasi Pantai Cipatujah.

pantai cipatujah x

5. Situ Gede

Situ Gede adalah sebuah Danau Alam dengan luas 47 hektar yang berada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Ikon pariwisata Tasikmalaya ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang cantik. Gunung Galunggung, pepohonan dan alam sekitar memantul di air danau yang tenang bagai cermin. Aktivitas yang bisa kamu lakukan diantaranya memancing dan berperahu menikmati suasana alam asri berbalut udara segar.

situ gede tasik x situ gede xItu dia travelers, berbagai destinasi menarik di Tasikmalaya. Jadi, wisata ke Jawa Barat ‘nggak melulu harus ke Bandung kan?***

 

 

 

Sumber gambar: paketwisatamurah.net, arumsekartaji.wordpress.com, kompas.com, wisatanesia.co, travel.grivy.com, id.geoview.info, nomadictrip.com, sep2sip.blogspot.com, ranggayudhika.wordpress.com[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *