[:id]5 Titik Ideal untuk Mengambil Foto Keren Gunung Bromo[:]

Keindahan Gunung Bromo yang spektakuler dan dramatis membuatnya menjadi salah satu obyek foto paling digemari di Indonesia. Kamu yang sudah pernah kesana pasti tahu bagaimana sibuknya para wisatawan yang mengambil foto Gunung Bromo; mulai dari anak-anak muda yang berkali-kali membidik kemegahan gunung dengan kamera smartphone mereka, hingga para fotografer profesional yang menggunakan kamera DSLR lengkap dengan tripod-nya. Bahkan ada beberapa orang yang “niat banget” sampai berkemah di sekitar Bromo untuk mengincar panorama Milky Way.

Titik-titik paling fotogenik di Gunung Bromo bisa dicapai dengan menyewa mobil jeep dari warga lokal. Bilang saja pada supir, kemana kamu ingin menuju. Berikut lima tempat yang direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengambil foto Gunung Bromo dari sisi terbaiknya.

Kawah Bromo

Dekat Pasir Berbisik, kamu bisa melewati sebuah tangga yang mendaki ke arah kawah Gunung Bromo. Perjalanan mendaki tersebut juga akan membawamu melewati Pura Luhur Poten, yang dipenuhi kuda-kuda. Kuda-kuda ini bisa disewa jika kamu capek mendaki. Di puncak kawah, ada pemandangan mempesona yang menunggu untuk diabadikan. Jangan lupa pakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari debu-debu vulkanik selama pendakian.

pura luhur poten x

kawah bromo x

Pasir Berbisik

Tempat ini berupa dataran yang sangat luas dan diselubungi pasir hitam. Ya, mirip-mirip dengan gurun pasir. Tekstur pasir yang kasar menimbulkan suara seperti berbisik jika kamu mengambil sejumput pasir dan menjatuhkannya kembali ke tanah. Ada beberapa batu besar yang bisa dipanjat oleh pengambil foto berjiwa petualang, yang menjadi titik pengambilan foto ideal. Kamu ingin mencoba? Disarankan untuk datang sebelum jam 10 pagi, sebelum matahari naik tinggi dan panasnya menyengat.

pasir berbisik bromo x

Gunung Penanjakan 1 dan 2

Gunung Penanjakan 1 dan 2 adalah tempat-tempat paling populer untuk melihat sunrise di Bromo. Gunung-gunung ini amat terkenal dengan keindahan pemandangannya yang tersaput kabut, dengan sentuhan lembut cahaya matahari yang baru terbit, yang berpendar dalam warna merah dan kuning di balik awan putih. Sungguh pemandangan yang agung dan misterius.

penanjakan bromo x

Ada sebuah bangunan kecil dengan barisan tempat duduk dan pagar besi di Gunung Penanjakan, yang sering disinggahi oleh para pemburu sunrise. Selain mengambil foto matahari terbit di timur, jika kamu mengarahkan kamera ke selatan, kamu bisa mendapatkan panorama spektakuler lainnya, yaitu Gunung Batok, Gunung Bromo dan Gunung Semeru yang anggun.

Gunung Penanjakan 2 menawarkan alternatif yang lebih luas, tapi kamu harus mengeluarkan usaha ekstra. Pasalnya, untuk menuju titik ini, jalan yang harus ditempuh lebih panjang dan menembus semak-semak.

Selain matahari terbut dan keindahan siluet pegunungan di pagi hari, kamu yang bangun sebelum subuh akan mendapatkan bonis pemandangan langit yang penuh dengan bintang.

Bukit Teletubbies

Seperti yang ada dalam serial anak-anak Teletubbies, tempat ini adalah kumpulan dari bukit-bukit kecil, hijau dan bundar yang fenomenal. Keindahan dan keunikan Bukit Teletubbies yang berlokasi di dekat Gunung Bromo bisa diabadikan dari kaki bukit. Setelah mengambil foto, mungkin kamu akan teringat dataran-dataran hijau di New Zealand, yang menjadi setting film The Lord of The Rings.

bukit-teletubies x

Padang Savana

Padang Savana adalah area yang berada di kaki Bukit Teletubbies. Uniknya, warna-warna di Savana selalu berganti; di musim kering, warna Savana cenderung cokelat karena rumput yang mengering. Namun di musim hujan, kamu akan melihat pemandangan Savana yang berbeda; hijau segar dan seringkali dipenuhi oleh warna-warni bunga liar yang menampakkan wajah mungilnya diantara rerumputan.

savana bromo x

Di Savana, kamu bisa mengambil selfie atau foto close up diantara bunga-bunga liar, atau mencoba berbagai pose dengan latar belakang padang rumput hijau. Hmmm, serasa ada dalam cerita Little House in The Prairie deh!

Seperti di jalur menuju Kawah Bromo, disini ada kuda-kuda yang bisa disewa, dan bahkan dijadikan obyek foto yang menarik.

Nah, itu dia lima rekomendasi tempat paling ideal untuk mengambil foto keindahan alam Gunung Bromo. Siapa tahu, foto-fotomu bisa memenangkan kontes di National Geographic! Happy hunting.***

 

 

 

Gambar: klikhotel.com, panoramio.com, wisatajiwa.wordpress.com, www.skyscanner.co.id, lintaswahanatour.blogspot.com, wisata.kompasiana.com[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *