7 Destinasi Wisata Epic Sumbawa yang Harus Masuk Itinerary Kamu

Beneran nggak penasaran sama cantiknya alam Pulau Moyo? Atau jangan-jangan kamu malah belum tahu kalau pemandangan di Tanjung Menangis ternyata super epic? Wah, nggak bisa gitu dong, travellers. Sumbawa harus masuk ke dalam bucket list kamu, karena di sana ada banyak sekali tempat yang keindahan alamnya akan membuatmu terkesima.

Pulau Sumbawa adalah pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat. Luasnya sekitar 14.386 kilometer persegi. Selain memiliki Gunung Tambora dan Pulau Bungin yang popularitasnya sudah mendunia, Pulau Sumbawa masih punya banyak destinasi wisata keren lainnya. Ini dia tujuh aktivitas di tujuh tempat yang nggak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Sumbawa:

#1 Memanjakan mata dan jiwa di Pantai Kencana

Pantai Kencana terletak sejauh sebelas kilometer dari Sumbawa Besar. Perjalanannya memakan waktu 15 menit saja. Garis pantai ini melengkung, menampilkan panorama yang khas: pasir putih yang bersih, gempuran ombak pada bebukitan karang dan laut yang bergradasi warna biru. Siapkan kamera!

(IMG: intaninchan)
(IMG: intaninchan)
(IMG: intaninchan)
(IMG: intaninchan)

#2 Bersantai di tengah indahnya alam Pulau Moyo

It’s a must! Daya tarik Pulau Moyo yang sebelumnya telah membuat Lady Diana (Princess of Wales) terpesona ini seolah nggak ada habisnya. Pantai dengan air jernih bagai cermin, pasir putih halus, dan terumbu karang nan elok menjadi pesona utamanya. Selain berbagai ikan eksotik, terumbu karang Pulau Moyo juga dihuni oleh hiu putih, ikan pari, dan aneka biota laut lainnya. Pantai paling indah di Moyo, Pantai Ai Manis, juga tak boleh dilewatkan.

Tak hanya pantai, hutan hujan di Pulau Moyo juga begitu indah alamnya. Sebut saja Air Terjun Mata Jitu (yang dikunjungi Lady Di) dan Diwu Mbai. Untuk sampai ke Pulau Moyo, kamu harus menyeberang dari Pantai Kencana yang memakan waktu sekitar dua jam.

(IMG: indonesiakaya)
(IMG: indonesiakaya)
(IMG: cepamagz)
(IMG: cepamagz)
(IMG: cantiknyanegriku)
(IMG: cantiknyanegriku)
(IMG: ayokesumbawa)
(IMG: ayokesumbawa)

#3 Menenteramkan hati di Pantai Sili-Maci

Kalau level stres kamu mulai tak tertahankan, lepaskan dan mainlah ke pantai! Di Sumbawa ada dua pantai epic yang saling berdekatan, yang berada di Dusun Teloi, Desa Mata, KecamatanTarano, Kabupaten Sumbawa. Tak hanya indah, ombak di sini juga sangai ideal untuk surfing. Ombak di sini katanya menempati urutan ketiga ombak terbaik untuk surfing di bawah Hawaii dan Tahiti.

(IMG: tatankjuventino)
(IMG: tatankjuventino)

Pantai Sili dan Maci bisa dijangkau dengan perjalanan selama 6 jam saja dari pusat kota. Namun aksesnya yang sulit membuatnya kalah pamor dari Pantai Lakey atau Pantai Jelenga. It’s a great news, actually! Artinya, kamu nggak harus berbagi keindahan pantai dengan terlalu banyak turis lain.

#4 Menyepi di Danau Satonda

Apa yang kamu ketahui dari Sumbawa? Madu? Susu kuda liar? Keduanya merupakan hasil alam dari Pulau Dompu ini, travellers! Tapi nggak hanya itu, wilayah ini punya banyak destinasi wisata dengan panorama menawan, seperti Pulau dan Danau Satonda, Pantai Lakey dan Pulau Nisa Pudu.

Danau Satonda punya keunikan tersendiri. Selain pemandangan indah yang meliputi danau purbakala ini, airnya juga asin seperti air laut. Tadinya danau ini berair tawar, namun letusan Gunung Tambora yang mengakibatkan tsunami membawa air laut mengisi kawah tersebut dan mengubahnya menjadi air asin hingga saat ini.

(IMG: @gabagaba_leather)
(IMG: @gabagaba_leather)
(IMG: kompasiana)
(IMG: kompasiana)

#5 Jelajahi keindahan terumbu karang Gili Bedil dan Gili Kramat

Selain Pulau Moyo, untuk menikmati keindahan bawah laut Sumbawa, kamu bisa datang ke Gili Bedil dan Gili Kramat. Keduanya berada di Desa Labuhan Padi, Kabupaten Sumbawa. Terumbu karang di sini memang sangat indah, dan menjadi favorit traveller yang sudah mencoba snorkeling dan diving di sini.

(IMG: bujangmanpacker)
(IMG: bujangmanpacker)

Nggak hanya indah, kedua gili tersebut juga cukup mudah diakses. Kamu bisa mengambil rute Poto Tano arah Pantai La Pede di Labuhan Padi. Dari sana kamu bisa menyeberang ke Gili Bedil dan Gili Kramat menggunakan glass-bottom boat. Sepanjang perjalanan, kamu akan melihat kecantikan bunga-bunga karang yang terlihat jelas, karena airnya sebening agar-agar.

#6 Uji nyali sekaligus menikmati kesegaran laguna Liang Petang

Kamu suka tantangan? Suka hal-hal yang bikin takut? Kalau demikian, Liang Petang ini di rekomen banget buat kamu. Tempat bertapa ini ideal untuk menguji mental dan keberanian.

Di Gua Liang Petang yang gelap, kamu nggak hanya akan menemukan stalaktit dan stalakmit yang aduhai cantiknya, namun juga batu-batu yang menyerupai makam, mirip manusia (nah, mikirnya mulai yang nggak-nggak deh), bahkan ada juga yang bentuknya mirip alat tenun. Jangan lupa bawa senter.

Setelah uji nyali di gua gelap, kamu bisa menyegarkan diri di lagunanya yang biru dan berair segar.

(IMG: Moyo)
(IMG: Moyo)

6 liang petang via scetizwisata 6 liang petang via ayokesumbawa 6 liang petang via isotour 6 liang petang via panduanwisata

Liang Petang terletak  kurang lebih 29 kilometer dari Sumbawa Besar, tepatnya di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu.

#7 Bertualang di Tanjung Menangis

Nggak berarti kamu bakalan mewek kalau pergi ke sini. Bukan. Nama Tanjung Menangis berasal dari legenda setempat, dimana dulunya di tempat itu ada seorang putri yang selalu menangisi kekasih hatinya yang pergi jauh karena diusir.

Tanjung Menangis ini berada di Kecamatan Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa. Aksesnya dari pusat kota Sumbawa cukup mudah, hanya 30 menit dengan jarak tempuh 20 kilometer. Kamu harus menggunakan mobil sendiri atau kendaraan yang disewa untuk ke sini.

(IMG: @andickagmlk)
(IMG: @andickagmlk)
(IMG: agushong)
(IMG: agushong)
(IMG: intaninchan)
(IMG: intaninchan)
(IMG: intaninchan)
(IMG: intaninchan)

Untuk mencapai Tanjung Menangis atau dikenal juga dengan nama Pantai Ai Loang ini memang butuh perjuangan keras. Mungkin nggak akan sampai menangis, tapi kamu harus mendaki, melewati jalanan berpasir dan berbatu tanpa penerangan. Namun ketika sampai, keindahan alamnya mampu membayar lunas semua perjuangan kerasmu untuk sampai tujuan. Untuk melihat sunset yang sangat menawan di atas lautan lepas, naik saja ke mercu suarnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *