7 Negara Teraman dengan Destinasi Terbaik untuk Female Solo Traveler

Bagi perempuan berjiwa petualang, bepergian sendirian merupakan kesempatan untuk menemukan diri mereka sendiri, melihat sudut-sudut dunia yang menakjubkan, dan membentuk kenangan tak terlupakan yang akan diingat seumur hidup.

(IMG: Shutterstock)
(IMG: Shutterstock)

Memang, ada beberapa tempat yang tak aman untuk para solo traveler perempuan, tapi ternyata, masih ada banyak destinasi menakjubkan yang siap menyambut perempuan yang gemar bertualang sendirian.

Berikut beberapa tempat yang Gogonesia rekomendasikan untuk solo traveler perempuan:

1. New Zealand (Selandia Baru)

The Land of the Long White Cloud adalah negeri menakjubkan yang siap menyambut para wanita penjelajah. Landscape yang indah menawan, budaya dan suasana yang tenang, dan petualangan yang tersedia di tempat ini membuat Selandia Baru alias New Zealand menjadi destinasi wajibmu.

(IMG: Dangerous-business.com)
(IMG: Dangerous-business.com)
(IMG: Hgtv.com)
(IMG: Hgtv.com)
Hobbiton set (IMG: Googlenexusforum.com)
Hobbiton set (IMG: Googlenexusforum.com)

Ada beberapa tempat yang wajib didatangi, di antaranya pedesaan Hobbiton yang hijau dan asri (tahu kan, yang ada dalam trilogi The Lord of The Rings itu lho) di Matamata, kota pantai Kaikoura, danau-danau indah di sekitar Gunung Cook, Kota Wanaka yang berada di tepi danau, “City of Sails” Auckland dengan barisan yacht di dermaganya yang cantik, dan Queenstown yang menawarkan sejuta petualangan.

(IMG: discoverdownunder.com)
(IMG: discoverdownunder.com)
Wanaka Lake (IMG: Sportchalet.co.nz)
Wanaka Lake (IMG: Sportchalet.co.nz)
Auckland (IMG: Charterworld.com)
Auckland (IMG: Charterworld.com)

Alasan Selandia Baru aman: Selandia Baru seolah memang ‘dibuat’ untuk para solo traveler. Negara ini aman, transportasinya memadai dan mudah, dan dipenuhi berbagai keindahan alam dan daya tarik yang nggak akan membuat kamu bosan.

 

2. Canada (Kanada)

Negara ini memiliki sangat banyak tempat menakjubkan, mulai dari kota tua hingga taman nasional dengan panorama alam memukau.

Old Quebec (IMG: expedia)
Old Quebec (IMG: expedia)
Old Quebec (IMG: quebecregion.com)
Old Quebec (IMG: quebecregion.com)

Toronto, ibukota Ottawa, terkenal dengan Tulip Festival yang merekah indah. Banff National Park merupakan tempat ideal untuk melihat keindahan Pegunungan Rocky, dengan danau biru bagai cermin yang memantulkan puncak pegunungan bersalju.

Tulip Festival (IMG: Wikimedia)
Tulip Festival (IMG: Wikimedia)
Old Montreal (IMG: thestar.com)
Old Montreal (IMG: thestar.com)

Kota tua nan indah bisa kamu lihat dengan mendatangi Old Montreal atau Old Quebec, yang masih menyimpan nuansa abad pertengahan. Jangan lupa Kota Victoria yang cantik dan Air Terjun Niagara yang terkenal.

(IMG: dangerous-business.com)
(IMG: dangerous-business.com)

Alasan Kanada aman: Poin plusnya, Kanada merupakan negara yang aman dan penduduknya ramah turis. Selain itu, transportasi di sini juga memadai dan cukup mudah aksesnya. Dianjurkan untuk naik kereta untuk menjelajahi seluruh negeri.

 

3. Slovenia

Sebelum kamu bertanya, “Hey, di mana Slovenia?” kami beritahu, negara kecil itu berada di antara Kroasia, Hungaria, Austria dan Italia. Ya, tentu saja itu di Eropa Tengah. Memang, negara ini sering luput dari perhatian para turis, namun itulah alasan mengapa kamu harus ke sana.

(IMG: dangerous-business.com)
(IMG: dangerous-business.com)

Dengan jumlah penduduk yang sedikit, dan jumlah turis yang juga sedikit, kota-kota cantiknya jarang ‘terserang’ macet dan tumpukan turis di setiap sudutnya.

Ibukota Ljubljana sebaiknya ada di top list kamu. Kastilnya yang cantik bisa kamu capai dengan cable car, atau berjalan kaki di jalanan menanjak yang menawarkan pemandangan indah kota klasik ala Eropa. Pemandangan menara jam kuno dengan bangunan berarsitektur baroque akan menghiasi setiap foto yang kamu pajang di Instagram.

Bled Lake (IMG: Wikimedia)
Bled Lake (IMG: Wikimedia)
Bled (IMG: candyadriatico.com)
Bled (IMG: candyadriatico.com)

Tempat lain yang harus didatangi adalah Kota Bled, yang menakjubkan bagai dongeng. Dengan gereja putih di tengah indahnya Danau Bled dan kastil yang berdiri megah di puncak tebing, imajinasimu akan dibawa terbang ke negeri ajaib yang dihuni Cinderella dan Rapunzel.

Alasan Slovenia aman: Seperti disinggung sebelumnya, Slovenia bukanlah primadona wisata, sehingga suasananya tenang dan damai. Negara ini juga cukup aman dan terhubung dengan kota-kota besar lain di Eropa, yang bisa ditempuh dengan kereta api atau pesawat low-budget.

 

4. Switzerland (Swiss)

Pegunungan Alpen! Bayangkan lembah-lembah bersalju yang menghijau saat musim semi, dengan pepohonan pinus dan padang bunga liarnya. Selain ski, kamu bisa membayangkan cokelat nikmat saat memikirkan Swiss.

Lausanne (IMG: essfntrainingcourse-mcocongres.com)
Lausanne (IMG: essfntrainingcourse-mcocongres.com)
Zermatt (IMG: chaletzermattpeak.com)
Zermatt (IMG: chaletzermattpeak.com)

Selain itu, ada banyak destinasi keren seperti Interlaken, kota resort di tengah lembah Alpen; Lausanne, kota tua khas Eropa dengan banyak pasar rakyat dan katedral cantik; Jenewa, dengan jalan-jalan indah yang bisa ditelusuri dengan sepeda; atau Zermatt, kota kecil di tengah lembah yang dikelilingi pegunungan berpuncak salju.

Andermatt (IMG: gp-gruppe.ch)
Andermatt (IMG: gp-gruppe.ch)

Alasan Swiss aman: Negara ini mendapat predikat nomor #5 teraman dari Global Peace Index dan #2 teraman dari Travel and Tourism Competitiveness index.

 

5. Denmark

Mungkin kamu ingat Denmark ketika melihat kaleng butter cookies, namun negara ini punya banyak hal lain yang ditawarkan. Contohnya, Tivoli Gardens di Kopenhagen, yang berada di tengah keindahan Marselisborg Forest, menjadi tempat menyenangkan untuk piknik, bermain di water park, dan menikmati hidangan di restoran.

Tivoli Garden (IMG: fotolia)
Tivoli Garden (IMG: fotolia)
Aarhus (IMG: travel-wonders.com)
Aarhus (IMG: travel-wonders.com)

Kamu pun bisa melihat langsung tempat-tempat historis seperti Kastil Kronborg, kota tua Aarhus dengan barisan rumah bersejarah dan toko-toko unik, dan pantai-pantai Denmark yang cantik.

Alasan Denmark aman: Berada di urutan nomor #2 teraman di Global Peace Index dan nomor #28 untuk keamanan dan keselamatan di Tourism Competitiveness Index, Denmark negara yang ramah wanita (dan turis) tanpa adanya diskriminasi dan kasus pelecehan seksual.

 

6. Austria

Sekali lagi, Pegunungan Alpen! Selain bermain ski di pegunungan putih nan mempesona, ada banyak kastil bersejarah, tempat istimewa seperti Vienna state Opera, dan berbagai pertunjukan musik di Salzburg dan Wina yang bisa kamu nikmati.

Salzburg (IMG: you-net.eu)
Salzburg (IMG: you-net.eu)

Selain memberi makan jiwa dengan musik, kamu pun akan dimanjakan dengan indahnya kota Salzburg yang menjadi kesayangan para turis fotografer. Kota ini juga dipenuhi bangunan kuno yang cantik dan toko-toko unik yang jadi surga belanja.

Schafberg (IMG: laughspark.info)
Schafberg (IMG: laughspark.info)
Wina (IMG: fastcompany)
Wina (IMG: fastcompany)

Kota Wina juga menawarkan keindahan kastil dengan taman-tamannya, juga berbagai monumen. Lake District di Austria memiliki danau-danau biru yang memantulkan panorama gunung-gunung bersalju, bagai cermin raksasa.

Kamu juga bisa mempertimbangkan Hallstatt sebagai destinasi wisata. Desa di wilayah pegunungan Salzkammergut ini akan membawa kamu ke abad 16, dengan bangunan tradisional Alpen dan gereja bergaya gotik yang berada di tepi Danau Hallstatt, berlatarkan gunung bersalju.

Hallstatt (IMG: Wikimedia)
Hallstatt (IMG: Wikimedia)

Alasan Austria aman: Negara ini cukup aman bagi solo traveler perempuan, dengan menempati urutan nomor #4 Global Peace Index dan nomor #7 dalam keamanan dan keselamatan di Tourism Competitiveness Index untuk World Economic Forum.

 

7. Singapura

Taman buatan nan megah Garden by the Bay, Universal Studios yang penuh wahana seru, Marina Bay Sands Skypark yang menjadi spot selfie favorit, eksotisme Bugis Street dan Kampong Glam, serta koleksi bawah laut terbesar di S.E.A Aquarium bisa kamu nikmati selama ber-solo traveling di Singapura.

(IMG: global-conferences.eu)
(IMG: global-conferences.eu)

Negara ramah turis ini aman, bahkan pada malam hari. Jika kamu memakai pakaian muslim, penjual makanan akan memberitahu mana makanan yang tak halal. Jika kamu akan menyeberang jalanan, tinggal berdiri di tepi zebra cross dan kendaraan akan berhenti agar kamu bisa menyeberang.

Alasan Singapura aman: Sistem transportasi publik sangat memadai dan nyaman, juga tersedia hingga pelosok negara kecil ini. Selain itu, Singapura menempati urutan #5 dalam Travel and Tourism Competitiveness Index komersil dan nomor #16 untuk Global Peace Index.

 

Sebetulnya masih banyak tempat yang aman dinikmati solo traveler perempuan, seperti Hong Kong, Bhutan, Belanda, Malaysia, Uruguay, Chili dan sebagainya yang semuanya menempati posisi atas dalam Travel and Tourism Competitiveness Index dan untuk Global Peace Index. Semakin jauh kamu berjalan, kamu akan menemukannya.

Selamat ber-solo traveling, ladies!***

 [:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *