7 Tempat Keren yang Kamu Bakal Liat kalau ke Jambi

Ingin merasakan pengalaman wisata yang tidak main stream? Tak ada salahnya coba mengunjungi Jambi, provinsi yang berada di pesisir timur Pulau Sumatera. Sama seperti Gorontalo dan Bengkulu, provinsi ini memiliki nama yang sama dengan ibu kotanya. Walaupun kurang eksis di dunia pariwisata Indonesia, Jambi punya banyak destinasi seru juga lho!

1. Air Terjun Segerincing

Air terjun yang berada di Sarolangun, 75 kilometer dari Kota Bangko ini jatuh dengan derasnya dari ketinggian 62 meter. Dengan lebar pancuran air lebih dari tiga meter, air terjun megah ini akan membuat kamu terpukau. Apalagi, masih banyak pepohonan tinggi dan vegetasi hijau yang menghiasinya, wah, makin keren!

Di tengah sejuknya udara sekitar Gunung Masurai, mungkin kamu mau coba berenang di kolamnya yang menyegarkan? Just go ahead!

srigerincing 2 srigerincing 1

2. Gunung Masurai

Buat kamu yang doyan petualangan, kenapa tidak coba mendaki Gunung Masurai? Di atas puncak Gunung Masurai, kamu akan melihat keindahan dengan dua danau kecil yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabok.

Namun titik ajaibnya ada di kejauhan, ketika kamu memandang Gunung Sumbing, Gunung Kerinci, serta kebun-kebun milik warga. Mungkin kamu akan segera ingat lukisan-lukisan indah yang dipajang di galeri.

Pendakian dapat diawali dari Dusun Sungai Lalang yang terletak di kaki Masurai, lebih tepatnya di perbatasan antara Kecamatan Muara Siau dan Jangkat.

gunung masurai 13. Taman Mini Jambi dan Taman Rimbo

Untuk yang membawa anak-anak, pasti seru kalau mengunjungi dua tempat ini. Di tempat rekreasi keluarga ini, terdapat kamu bisa melihat bangunan rumah adat dari enam kabupaten.

Lokasi rekreasi ini seluas 18 hektar dan berdampingan dengan Taman Rimbo, kebun binatang kebanggaan warga Jambi. Ada sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa di sini, yang berisi beraneka jenis burung, mulai dari burung bangau sampai burung kasuari. Keren.

taman mini jambi taman rimbo4. Taman Anggrek Sri Soedewi

Nah kalau yang satu ini buat kamu yang suka suasana romantis, dan yang pasti, suka bunga! Ada lebih dari 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar ini. Rasakan sensasi berada di antara kebun anggrek, dikelilingi bunga anggrek yang cantik dalam aneka warna.

Serunya lagi, setelah dapat ilmu dari Sri Soedewi, kamu bisa praktek menanam anggrek sendiri di rumah, karena kamu akan diberi bibit anggrek. Gratis!

taman anggrek sri soedewi 2 taman anggrek sri soedewi 15. Gunung Kerinci

Ingin tahu rasanya berada di puncaknya Sumatera? Yuk, mendaki Gunung Kerinci. Gunung tertinggi di Sumatera yang berdiri megah setinggi 3.805 mdpl ini dikelilingi Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga cocok buat adventurous traveler.

Belum mendaki ke puncaknya saja, kamu sudah bisa melihat kemegahan dan keindahan Gunung Kerinci dari hutan ini. Pokoknya, nggak kalah deh dari Gunung Fuji di Jepang sana.

gunung kerinci jambi6. Danau Kerinci

Ingin melihat lagi pemandangan seindah lukisan? Datang saja ke Danau Kerinci, danau terbesar di Jambi (4.200 hektare) yang dipagari hamparan pegunungan yang menyajikan gradasi warna cantik. Kamu tak akan jemu memandang hamparan air jernih yang dilatari pegunungan berwarna hijau, kelabu kehijauan, biru kehijauan, hingga biru pucat. Jangan sampai lupa bawa kamera ya.

Oh ya, selain pemandangan danau, kamu juga bisa merasakan pengalaman unik di sini. Diantaranya adalah petualangan gastronomik, alias wisata kuliner! Makanan enak yang bisa dicicipi antara lain beras payo, gulai ikan semah, dendeng beteko, lemang, jeruk pelompek, tojin, dan teh kayu aro. Sambil makan, boleh juga beli songket atau kaos untuk oleh-oleh.

Danau_Kerinci 2 Danau_Kerinci 1

7. Candi Muaro Jambi

Selain wisata alam, Jambi juga punya banyak peninggalan sejarah, seperti Candi Muaro Jambi ini. Selain menelusuri jejak sejarah, kamu bisa melihat keunikan batu berwarna terakota yang menyusun bangunan situs warisan UNESCO ini. Tapi itu belum semuanya, karena masih asa bagian candi yang tertimbun. Sampai saat ini, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar masih tertutup tanah.

Destinasi wisata budaya ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Jambi.

candi muaro jambi

Gimana travelers, banyak yang seru kan destinasi wisata di Jambi?***

 

IMG: foto.metrotvnews.com, bumimerangin.blogspot.com, pbasari.wordpress.com, travel.detik.com, tribunnews.com, iwisataindonesia.com, flickr.com/Wild Sumatera, wikipedia.org, galeriwisata.wordpress.com, junantoherdiawan.com

 [:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *