8 Destinasi Wisata Anambas, Kepulauan Tropis Terindah di Asia

Namanya mungkin belum se-beken Raja Ampat, tapi ternyata Anambas punya pesona keindahan alam tropis yang nggak kalah dengan surga di Papua tersebut. Ya, Kepulauan Anambas punya banyak sekali pesona alam yang masih perawan dan belum pernah terjamah: lautnya begitu biru, dan terumbu karangnya begitu cantik dan kaya.

Peta Lokasi Anambas
Peta Lokasi Anambas

Kepulauan Anambas membentuk laguna-laguna yang memisahkan pulau-pulaunya. Ketika air laut sedang surut, kamu bisa melihat beberapa pulau terhubung oleh gundukan pasir dengan pulau lainnya. Dasar laguna tersebut berupa pasir putih dengan taman karang yang indah di sejumlah titik.

via Indonesia Travel
via Indonesia Travel

Sebagai bagian dari Provinsi Kepri, kepulauan yang berada di Laut China Selatan ini terdiri atas 238 pulau, dan hanya 26 yang berpenghuni. Saking indahnya alam di Anambas, CNN bahkan menobatkannya sebagai kepulauan tropis terindah di Asia. Nggak heran jika Anambas disebut sebagai tandingan Raja Ampat dan konon kecantikan pantai-pantainya mengalahkan Maldives.

 

via Trover
via Trover

Penasaran nggak? Yuk kita lihat, ada destinasi wisata apa saja di Anambas:

#1 Tarempa

Meskipun dianggap sebagai daerah di Indonesia dengan biaya hidup termahal (karena lokasinya yang terpencil), Tarempa yang berada di Pulau Siantan ini memiliki keindahan pantai-pantai yang amat memukau. Selama berada di Ibukota Kepulauan Anambas ini, siap-siap ikut terisolir karena sinyal handphone baru tersedia saat tengah malam saja.

Cara menuju Tarempa:  Naik kapal ferry dari Tanjung Pinang menuju Tarempa yang beroperasi setiap Selasa dan Kamis. Perjalanan memakan waktu 10 jam, tapi tenang saja, kapalnya cukup cepat dan ber-AC.

by gathot subroto
by gathot subroto

#2 Pulau Penjalin

Pulau yang merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia, Singapura dan Vietnam ini adalah salah satu yang terindah di Anambas. Keelokan panoramanya bakal bikin kamu melongo takjub. Pemandangan pantai yang dihiasi puluhan pulau kecil dan pasir putih halus bisa dinikmati dengan sampan, berenang atau snorkeling.

Salah satu pantai terkeren di sini adalah Tanjung Momong, yakni pantai pasir putih yang membentang sepanjang satu kilometer dan terkenal karena keindahan sunset-nya.

Cara menuju Pulau Penjalin: Menumpang speedboat dari Kota Tarempa dengan perjalanan selama 1,5 jam. Tidak ada speedboat khusus penumpang, jadi harus menyewa pompong dengan pilihan kapasitas antara 5-20 orang.

 via maringetrip
via maringetrip
 via maringetrip
via maringetrip
 via kaskus
via kaskus
via idtempatwisata
via idtempatwisata
via kompas
via kompas
by bartzap
by bartzap
via Kompasiana
via Kompasiana

#3 Pulau Bawah

Sebenarnya pulau ini adalah bagian dari Kepulauan Bawah yang memiliki laguna-laguna. Keindahan alamnya nggak kalah dari Pulau Penjalin. Mungkin inilah pulau yang paling diincar oleh wisatawan lokal dan mancanegara jika berlibur ke Anambas. Tempatnya begitu tenang dan terpencil, membuat kamu serasa berada di surga tropis pribadi.

Menurut beberapa traveller mancanegara, laguna Pulau Bawah adalah salah satu yang terbaik di dunia, sekelas dengan Bora-Bora di Tahiti. Tak hanya indah di permukaan, formasi koralnya-pun nggak kalah cantik.

Cara menuju Pulau Bawah: Dari Kota Tarempa lama perjalanannya sekitar 7 dengan naik pompong (perahu bermotor), dan kalau menumpang speedboat sekitar 4 jam.

via pegipegi
via pegipegi
via indahnya-ibupertiwi
via indahnya-ibupertiwi

#4 Pulau Piugus

Pulau Piugus memiliki pemandangan yang sangat eksotis, dengan untaian pohon kelapa menghiasi pantai-pantainya, yang lautnya begitu jernih dan biru. Ditambah lagi dengan bongkah-bongkah besar bebatuan karang, makin keren saja pemandangannya! Bawah lautnya pun sangat indah, dengan formasi karang, dinding karang dan gorgonian yang dihuni ratusan ikan beraneka warna.

Cara menuju Pulau Piugus: Dari Desa Ladan di Pulau Matak Anambas (pulau yang memiliki bandara sendiri), kamu bisa menyewa speedboat (setengah jam perjalanan) atau menumpang kapal pompong (satu jam perjalanan).

via maringetrip
via maringetrip
via maringetrip
via maringetrip
via maringetrip
via maringetrip

#5 Air Terjun Temburun

Selain pulau-pulau eksotik, Anambas juga punya destinasi wisata alam menarik, seperti Air Terjun Temburun yang berada di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Selatan. Air terjun ini memiliki tujuh tingkat, dan dari tingkat ketujuhnya kamu bisa melihat pemandangan laut dan laguna yang begitu jelas, indah luar biasa.

Cara menuju Air Terjun Temburun: Dari Tarempa menggunakan kapal pompong, perjalanan 30 menit. Setelah turun dari kapal, kamu harus berjalan di tanah landai sejauh 200 meter untuk menjangkau tingkatan ketiga, lalu kembali jalan menanjak sejauh 200 meter untuk mencapai puncaknya.

via detik
via detik
via panoramio
Pemandangan dari puncak, via panoramio
via tribun
via tribun
 via idtempatwisata
via idtempatwisata

#6 Pulau Durai

Selain memiliki pantai-pantai yang luar biasa, Pulau Durai juga merupakan ‘kampung halaman’ para penyu. Para penyu mampir ke pulau ini untuk bertelur, dan saat menetas kamu bisa melihat ratusan tukik lucu merayap (baca: berjuang) dari lubangnya menuju bibir pantai.

Cara menuju Pulau Durai: Pulau Durai dapat dicapai dengan menumpang kapal pompong dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari Tarempa.

 via nationalgeographic
via nationalgeographic
 by harrymudjiarto
by harrymudjiarto
 by bartzap
by bartzap

#7 Pantai Arung Hijau

Kalau mau ke tempat wisata yang nggak terlalu terpencil, ya bisa ke Pantai Arung Hijau. Di pantai indah ini sudah ada pondok-pondok kecil dari kayu, di mana kamu bisa menikmati es kelapa dan berbagai sajian kuliner. Pokoknya, ini tempat gaul yang hits banget di Tarempa.

Cara menuju Pantai Arung Hijau: Bisa naik sepeda motor atau mobil dengan waktu tenmpuh 20-30 menit saja dari Kota Tarempa.

via tribun
via tribun
 via ayojalanjalan
via ayojalanjalan
by wempy photo
by wempy photo

#8 Pulau Telaga

Satu lagi pulau surga di Anambas, yakni Pulau Telaga. Pulau ini unik, karena memiliki gunung yang cukup tinggi di tengahnya. Laut di sekelilinginya biru mempesona, dan tepian pulaunya dibalut pantai-pantai berpasir cokelat muda yang halus, berhias barisan pohon kelapa.

Cara menuju Pulau Telaga: Dari pelabuhan Tarempa yang berada di Pulau Siantan atau dari pelabuhan Kuala Maras yang berada di Pulau Jemaja, kamu bisa menumpang pompong yang beroperasi empat hari dalam seminggu pulang-pergi, dengan rute perjalanan Kuala Maras-Pulau Telaga-Tarempa.

via halamankepri
via halamankepri
 via bartzap
via bartzap
 via bartzap
via bartzap

Nah, itu dia travellers, beberapa rekomendasi wisata di Anambas yang sudah menunggu kedatanganmu. Sekali kamu menginjakkan kaki di sana, jangan heran kalau kamu berpikir, “Saya ini ada di Indonesia atau surga sih?”***

 

 

 

 

4 thoughts on “8 Destinasi Wisata Anambas, Kepulauan Tropis Terindah di Asia

  1. Awesome pictures! Well done.

    We spent two weeks in Jemaja and Siantan, trekking through the jungle, snorkeling in crystal-clear bays and coves, island-hopping and turtle-watching. What a gorgeous area this part of the world is.

    A visit to Anambas is like stepping into a time machine and coming out 100 years back.

    The blissfully slow pace of life, the stunning untouched islands and beaches, the original habitats and diversity of creatures, it’s ever so enjoyable to see that this kind of place still exists in our busy interconnect world in this day and age.

    The surroundings never ceased to amaze us. We saw a tree that had a trunk so wide that we could actually crawl inside it. And we saw a manta ray and dolphins swam under our boat! We even saw Rafflesia in one particular patch of jungle.

    Anambas truly is a Land of Magic.

  2. a trip that can not be forgotten under the island and underwater scenery cool, cooler than Maldives.
    I feel peaceful, quiet. for it must be full support from local and national governments to develop new tourism regions in Indonesia by strengthening the infrastructure and transport as well as a complete hospital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *