8 Waterpark Terbaik di Indonesia, Fasilitas dan Harga Tiket 2016

Rasakan adrenalinmu meluap ketika tubuhmu meluncur di perosotan raksasa, sebelum akhirnya tiba di kolam raksasa dengan satu ceburan keras. Apalagi jika udara sedang panas-panasnya, bayangkan segarnya air yang terasa sejuk dan segar membasahi tubuh. Ya, itulah kurang-lebih keseruan yang bisa kamu rasakan di waterpark, alias taman rekreasi air, seperti yang ada di Ancol dan tempat lainnya.

(IMG: waterbom-jakarta)
(IMG: waterbom-jakarta)

Kalau kamu suka main air, atau ingin mengajak keluarga bermain di waterpark, jangan lupa cek dulu fasilitas apa saja yang ada di sana, termasuk jenis permainan atau kolamnya, dan tentu harga tiket masuk waterpark-nya.

Untuk mempermudah, berikut rekomendasi waterpark terbaik di Indonesia versi Gogonesia. Waterpark yang kami rekomendasikan di sini rata-rata punya ruang bilas yang memenuhi standar, lifeguard terlatih, loker untuk menyimpan barang dan juga gazebo yang disewakan. Ini dia:

#1 Waterbom Bali

Waterbom Bali disebut sebagai water theme park terbaik nomor satu di Asia dan telah menyabet TripAdvisor’s Travellers’ Choice tahun 2014 lalu. Berada di jantung Kuta, Waterbom Bali berada di tengah indahnya taman tropis dan merupakan surganya adrenaline junkie dengan waterslide (perosotan) yang super tinggi, berkelok-kelok, dan tentu saja bikin ketagihan.

Wahana favorit:

Climax adalah salah satu wahana dengan antrian terpanjang. Atraksi yang tentu saja tak diciptakan untuk mereka yang penakut ini menyerupai pipa panjang dengan trap door di bawah kamu, yang akan membuka dan “menghempaskan” kamu sepanjang perosotan vertikal. Serem banget deh, tapi bikin penasaran.

Smash Down 2.0 pastinya juga bukan untuk kamu yang bernyali lemah. Atraksi ini akan membuatmu meluncur dengan kecepatan 70 kilometer per jam menuruni slide setinggi 25,9 meter dengan kemiringan 60 derajat!

Pipeline adalah atraksi lain yang penuh tantangan. Kamu akan berputar dan berliku-liku mengikuti jalur “pipa” di atas ketinggian 20 meter. Kamu akan meluncur dengan kecepatan 60 kilometer per jam selama 13 detik, dan di beberapa tikungan kamu akan merasakan tekanan gravitasi yang lebih kuat. Asyiknya, dari ketinggian tersebut, kamu akan melihat pemandangan Pantai Kuta dan taman-taman di sekitar waterbom yang cantik.

Double Twist mirip Climax, tapi ditambahkan double loop untuk sensasi mencekam yang berbeda.

Wahana pemantik adrenalin lainnya adalah Green Vipers, dan Fast and Fierce, dengan slider curam yang dilihat aja udah serem, apalagi pas naiknya. Tapi makin menantang, makin penasaran pengen nyoba kan?

Climax (IMG: waterbom-bali)
Climax (IMG: waterbom-bali)
Climax (IMG: parkz)
Climax (IMG: parkz)
(IMG: vimeo)
(IMG: vimeo)
Flow Rider Double (IMG: waterbom-bali)
Flow Rider Double (IMG: waterbom-bali)
Fast n Fierce (IMG: waterbom-bali)
Fast n Fierce (IMG: waterbom-bali)
Double Twist (IMG: waterbom-bali)
Double Twist (IMG: waterbom-bali)

Kalau kamu sudah kewalahan dengan adrenaline, cooling down dulu saja di Lazy River. Santai di atas ban, ikut arus, nikmati sejuknya air. Sebelum pulang, (buat kamu yang penasaran gimana rasanya surfing) bisa coba Flow Rider Double, surfing simulator dengan ombak yang terasa seperti di laut sungguhan, yang bisa ditunggangi dengan cara berdiri atau tengkurap di atas papan. Ada juga Euro Bungy, ketapel raksasa yang bisa mementalkan kamu sejauh 9 meter ke udara.

Alamat: Waterbom Bali, Jl. Kartika PO BOX 1055 Tuban, Kuta – Bali 80361.

Jam buka: 9:00 – 18:00 WITA

Harga Tiket (Indonesia / KITAS):

  • Dewasa: Rp. 290.000
  • Anak (di bawah 11 tahun): Rp. 235.000

 

#2 Snowbay Watertainment

Kalo yang ini pastinya udah pada tahu ya, waterpark di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta ini memang udah terkenal seantero jagat. Dengan suasana putih bersalju yang bikin suasana agak dingin (walaupun kenyataannya panas, hehe), Snowbay merupakan favorit warga Jakarta untuk chill-out sambil main air dan teriak-teriakan. Apalagi fasilitas ban di sini gratis.

Wahana favorit:

Hurricane pastinya jadi nomor satu. Wahana slide dengan corong raksasa ini akan membawa kamu berputar di atas ban mengitari tepian corong (asli, kalau naik ini rasanya kita bakal mental keluar corong dengan bebasnya; tapi untungnya enggak) lalu membawa kamu meluncur menuju mulut corong yang menyempit, sebelum jatuh bebas bersamaan dengan semburan air yang bikin kamu teriak sejadi-jadinya. Waktu jatuh bebas itu rasanya kayak mau terbalik dan terlempar dari ban. Seru banget deh!

Flush Bowl adalah wahana favorit lainnya buat kamu yang penasaran gimana rasanya disiram (di-flush) masuk ke dalam lubang WC. Yah mirip-mirip begitulah. Kamu bakal meluncur mengitari si bowl sebelum terdorong ke dalam lubang di tengahnya dan tercebur ke air sedalam dua meter. Tenang aja, bakal ada petugas yang siap narik kamu dari dalam air kalau kamu gelagepan dan nggak bisa muncul ke permukaan. Naik wahana ini tidak bisa pakai ban ya. Jadi, berani coba?

Tube Coaster adalah wahana di mana kamu bisa merasakan naik jet coaster, bedanya ini di air. Ada juga Everslide, empat slider yang membentang sejauh 60 meter dari ketinggian 12 meter. Tapi kalo mau sensasi yang beda, coba ke Ghost Valley, wahana baru Snowbay, rumah hantu versi waterpark berupa lorong gelap dengan air yang tenang dan terlihat “keruh” dan hantu-hantu yang bersembunyi di sudut temaram.

Typhoon River (IMG: snowbay)
Typhoon River (IMG: snowbay)
Hurricane (IMG: indopos)
Hurricane (IMG: indopos)
Ghost Valley (IMG: snowbay)
Ghost Valley (IMG: snowbay)
Flush Bowl (IMG: snowbay)
Flush Bowl (IMG: snowbay)
Everslide (IMG snowbay)
Everslide (IMG snowbay)

Kalau udah mulai capek, kamu bisa santai-santai di Typhoon River yang akan membawamu mengapung mengelilingi area Snowbay, atau berendam di Hot Spa, kolam kecil dengan air hangat yang akan melunturkan capek-capek di badan.

Alamat: Jl. Pintu II, Komplek Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 13560.

Jam buka: 09:00 – 18:00 WIB

Harga tiket:

  • Weekdays (Senin – Jumat) harga tiket masuk Rp 140.000
  • Weekend (Sabtu dan Minggu) serta hari libur Rp 180.000

 

#3 Atlantis Water Adventure

Bisa dibilang inilah pelopor water theme park di Indonesia. Waterpark di Ancol ini dahulu bernama Gelanggang Renang, tapi kemudian dirombak dan dibangun kembali dengan konsep Atlantis, legenda kota air yang hilang. Suasana di sini enak, teduh karena banyak pohon kelapa. Makin terasa suasana tropisnya, dan bikin mood main air makin jadi.

Wahana favorit:

Dragon Slide adalah wahana baru yang dengan cepat menjadi primadona. Bayangin aja, slider ini panjangnya 140 meter dengan tinggi 14,8 meter, dan kamu akan meluncur di situ sekitar 40 detik. Nggak hanya itu, Dragon Slide juga punya tiga slider berbeda, yakni Aqua Sphere, Constrictor, dan The Rattler yang masing-masing punya sensasi kengerian tersendiri. Untuk meluncur di atasnya, kamu harus pakai ban berkapasitas 2-4 orang, dan akan meluncur meliuk-liuk dengan kecepatan 12,6 kilometer per jam. Dengernya aja udah mau mati! (bercanda kok) Seriously, you need to give this devil a try.

Satu lagi yang perlu dicoba yaitu Crazy Highest & Longest Slide di kolam luncur. Wahana tersebut berupa dua slider yang berbentuk tabung. Tabung sepanjang 122 meter, dan yang kedua panjangnya mencapai 149 meter. Katanya ini slider terpanjang dibandingkan semua slider yang ada wahana serupa di tanah air. Penasaran kan?

(IMG: ancol)
(IMG: ancol)
(IMG: ancol)
(IMG: ancol)
Kiddy Pool (IMG: ancol)
Kiddy Pool (IMG: ancol)
Dragon Slide (IMG: tangerangrayaonline)
Dragon Slide (IMG: tangerangrayaonline)
Dragon Slide (IMG:ayopelesiran)
Dragon Slide (IMG:ayopelesiran)

Kolam Apung menjadi wahana favorit lainnya, karena di situ kamu bisa ngambang walau gak bisa berenang. Rahasianya? Ternyata kadar garam di air kolam ini cukup tinggi, mirip seperti di laut. Ngomong-ngomong soal laut, Atlantis juga punya Kolam Ombak, yang airnya tenang namun sewaktu-waktu akan diterpa ombak yang akan membuat kamu terhempas kesana-kemari.

Sayangnya fasilitas ban di sini nggak gratis. Kamu harus sewa untuk pemakaian minimal 4 jam.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta.

  • Jam buka: 08:00 – 18:00 (Senin – Jumat), 07:00 – 20:00 (Sabtu dan Minggu) WIB
  • Harga tiket: Rp 160.000 per orang

 

#4 Circus Waterpark

Satu lagi waterpark di Bali yang populer di kalangan wisatawan, dalam dan luar negeri. Circus Waterpark Bali memiliki dua kelompok wahana yang dibedakan berdasarkan umur, yakni wahana dewasa dan wahana anak-anak. So, kamu nggak akan bingung atau bertanya-tanya, kira-kira wahana tersebut aman untuk anak-anak nggak ya?

Wahana favorit:

Spiral Journey adalah wahana dewasa favorit yang akan membawa kamu meluncur spiral dengan ketinggian 10 meter. Nggak terlalu tinggi dan menakutkan, malah menyenangkan. Dan kamu akan tercebur dengan lembut… ingat ya, dengan lembut, jadi gak gelagepan, ke dalam kolam di laguna utama Circus Waterpark.

Selain itu, Speed Tube Slider Spiral juga jadi favorit. Sama, kamu akan berkelok-kelok turun dari ketinggian 10 meter, tapi ini bedanya kamu akan terhempas ke kolam dengan ceburan keras (ala-ala slider di waterpark lainnya).

Kalau Wave Slider kamu harus coba. Slidernya berombak-ombak; ini pokoknya adrenaline-pumping banget dan sepertinya gak ada di waterpark lainnya di Indonesia.

(IMG circuswaterpark)
(IMG circuswaterpark)
Wave Slider (IMG: circuswaterpark)
Wave Slider (IMG: circuswaterpark)
(IMG: balitoursdb)
(IMG: balitoursdb)

Kalau wahana anaknya banyak, ada Green & Blue Macaron di mana kamu akan melompat keluar dari kapal phinisi, atau Yellow Spiral Slider yang berakhir di kolam dengan giant bucket yang menumpahkan bergalon-galon air.

Alamat: Jl. Kediri, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Jam buka: 09:00 – 18:00 WITA

Harga tiket:

  • Dewasa: Rp 150.000 per orang
  • Anak: Rp 100.000 per anak (2 – 12 tahun)

 

#5 Pandawa Water World

Water theme park di wilayah Solo Baru ini mengusung konsep pewayangan yang unik: cerita epik Pandawa Lima, dengan patung para Pandawa berukuran raksasa yang siap menjaga kamu selama bermain air. Walaupun suasananya terasa nusantara sekali, namun kamu bisa mengharapkan wahana seperti waterpark keren lainnya di Indonesia. Setiap wahana dijaga lifeguard dan dokter berpengalaman yang akan memberi rasa aman selama bermain. Selain itu, fasilitas ban di sini juga gratis.

Wahana favorit:

Black Hole Slide ini benar-benar adrenaline pumping. Kalo di waterpark lainnya kamu bisa melihat suasana sekitar selama meluncur di slider, di sini kamu akan melaju (pakai ban pelampung) di dalam lorong yang gelap gulita, dengan waktu yang lumayan lama dengan kecepatan yang tidak terduga. Ditambah lagi lorong berkelok-kelok yang akan menambah ketegangan, sebelum akhirnya menghantam air di kolam besar.

Racer Slide adalah dua slide kembar yang bisa bikin kamu meluncur dengan derasnya karena bentuknya yang dibuat sedemikian rupa. Bisa main cepet-cepetan nyebur ke air sama teman di sini.

Kalo Raft Slide adalah slide berkelok-kelok khas waterpark yang tinggi dan tentu saja bikin kamu deg-degan sekaligus teriak-teriakan sebelum nyebur ke kolam berhias bebatuan buatan di sekelilingnya, jadi kelihatan seperti kolam alami.

Body Slide (IMG: pandawa-lima)
Body Slide (IMG: pandawa-lima)
(IMG: travellingtrack)
(IMG: travellingtrack)
Black Hole (IMG: pandawa-lima)
Black Hole (IMG: pandawa-lima)
Black Hole (IMG: pandawa-lima)
Black Hole (IMG: pandawa-lima)
Raft Slide (IMG: pandawa-lima)
Raft Slide (IMG: pandawa-lima)
Racer Slide (IMG: pandawa-lima)
Racer Slide (IMG: pandawa-lima)
(IMG: gurindang)
(IMG: gurindang)

Selain itu ada juga Bima Slide (slide untuk anak-anak), Krisna Wave Pool (kolam ombak), dan kolam khusus toddler dan anak-anak, Kunti Pool.

Alamat: Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Solo Baru – Sukoharjo, Jawa Tengah.

Jam buka: 08:00 – 16:00 WIB

Harga tiket:

  • Weekdays (Senin – Jumat) harga tiket masuk Rp 80.000
  • Weekend (Sabtu dan Minggu) serta hari libur Rp 100.000

 

#6 Ciputra Waterpark

Waterpark milik kota Surabaya ini salah satu yang terbesar di Asia Tenggara lho. Keren nggak? Temanya sendiri menarik, mirip negeri dongeng ala-ala 1001 Malam, seperti dunianya Sinbad yang penuh petualangan itu. Setiap wahana di sini juga dijaga oleh lifeguard, tapi sayangnya fasilitas ban nggak gratis.

Wahana favorit:

Buat para adrenaline junkies, Roc Tower akan membawa kamu meluncur di sepanjang slider yang berkelok dari ketinggian 15 meter! Dari atas, kamu bisa menikmati pemandangan kota Surabaya selama meluncur turun, sebelum terhempas ke kolam jernih di bawahnya. Sampai di bawah, dijamin kamu bakal ketagihan dan naik lagi ke atas.

Racer Slide juga jadi wahana favorit, slider berkelok dengan ketinggian 10 meter, cocok buat kamu yang masih takut-takut atau yang mau pemanasan sebelum cobain Roc Tower.

Wahana favorit lainnya adalah Syracuse Beach, kolam ombak seluas 1.800 meter persegi dengan kedalaman 1,2 meter yang bakal membuat kamu terhempas-hempas ombak yang datang sewaktu-waktu. Serasa beneran di pantai deh! Atau mungkin rasanya kayak terdampar di perkampungan bajak laut?

Kalau mau rileks sejenak, tinggal nyemplung ke Sirens River dan santai-santai ikut arus.

(IMG: waterfunproducts)
(IMG: waterfunproducts)
(IMG: waterfunproducts)
(IMG: waterfunproducts)
(IMG: indoturs)
(IMG: indoturs)

Selain itu, ada beberapa wahana ramah anak juga, seperti Sinbad Playground dengan giant bucket yang menyiramkan bergalon-galon air, Chimera Pool atau Marina Lagoon.

Alamat: CitraLand Surabaya, Waterpark Boulevard, Jawa Timur.

Jam buka: 13:00 – 19:00 (Selasa – Jumat) dan 10:00 – 19:00 (Sabtu dan Minggu) WIB. Senin tutup.

Harga tiket:

  • Weekdays (Selasa – Jumat) harga tiket masuk Rp 105.000
  • Weekend (Sabtu dan Minggu) serta hari libur Rp 130.000

 

#7 The Jungle Water Adventure

Water theme park ini dibuat sesuai namanya, The Jungle, dengan konsep seperti bermain air di tengah hutan. Suasananya dibuat asri dan teduh di bawah naungan pepohonan hijau khas hutan tropis. Taman-taman dengan bunga dan tanaman hias bakal menyelingi petualangan kamu meluncur di slider-slider The Jungle. Malah ada akuarium yang isinya ikan arwana raksasa segala. Sayangnya, fasilitas ban di waterpark di wilayah Bogor ini nggak gratis yah.

Wahana favorit:

Spiral Slide dan Tube Slide, inilah dua wahana yang paling digemari di The Jungle. Spiral Slide adalah slider dengan tube terbuka. Sedangkan Tube Slide adalah slider tertutup seperti pipa. Masing-masing slider ini memiliki ketinggian 12 meter dengan panjang kurang lebihnya sekitar 100 meter. Kamu bisa  meluncur berkelok-kelok di sepanjang slider dengan menggunakan ban sebelum akhirnya terhempas di kolam renang.

Racer Slide juga menjadi wahana favorit dengan empat buah slider lurus yang berjajar dari ketinggian 8 meter di tengah rimbunnya “hutan” tropis. Cocok banget juat adu cepat meluncur dari atas sebelum menyebur ke kolam.

Favorit lainnya adalah Lazy Mahakam River, kolam arus yang “dihiasi” akuarium di tepiannya. Isinya ikan-ikan tropis dan beberapa di antaranya berukuran sangat besar, seperti misalnya arwana.

Untuk rileks sejenak, coba berendam di Kawah Ratu, kolam air panas yang bakal merontokkan rasa capek dan pegal di badan.

(IMG: panduanwisata)
(IMG: panduanwisata)
(IMG: dinihartutiputri)
(IMG: dinihartutiputri)

The Jungle juga punya Kiddie Pool, kolam khusus anak-anak, dan Kolam Ombak yang bakal bikin kamu merasa seperti berenang di pantai berombak.

Selain wahana air, di sini banyak juga wahana “kering” seperti Bird Park, 3D Cinema, atau Rumah Hantu.

Alamat: Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan, Perumahan Bogor Nirwana Resident, Jawa Barat.

Jam buka: 09:00 – 17:00 (Senin – Jumat) dan 08:00 – 18:00 (Sabtu dan Minggu).

Harga tiket:

  • Weekdays (Selasa – Jumat) harga tiket masuk Rp 80.000
  • Weekend (Sabtu dan Minggu) serta hari libur Rp 95.000

 

#8 Waterbom Pantai Indah Kapuk

Mengusung tema “The Urban Cool,” Waterbom menjadi tempat favorit untuk menyegarkan diri dari panasnya udara kota Jakarta.

Walaupun banyak warga ibukota (kecuali warga PIK tentu saja) yang bilang Waterboom ini jaraknya jauh dan kurang reachable, tapi tetap saja tempatnya ramai pas weekend. Apalagi waterpark ini cukup nyaman dengan banyaknya pepohonan, mungkin juga karena fasilitas ban pelampung dan life jacket-nya gratis. Ada sewa baju renang juga, mulai dari anak-anak, pria, wanita, hingga swimsuit untuk wanita berhijab. Kalo yang ini sih bayar.

Wahana favorit:

Aquatube, slider yang terdiri atas tiga macam seluncuran (tertutup, setengah terbuka dan terbuka) ini akan membawa kamu meluncur dari ketinggian 14,5 meter. Kamu akan meluncur di atas ban sepanjang 114 meter di slide berbentuk tabung yang berkelok, saling berpilin sebelum tercebur di kolam air.

Favorit lainnya adalah Speed Tube, yang bener-bener bikin kamu mau mati. Nggak deng, hanya saja slider ini akan membuatmu melesat dengan kecepatan tinggi (sekitar 70 kilometer per jam) dari ketinggian 20,7 meter. Wahana ini punya dua slider tertutup sepanjang 113 meter dengan dua titik luncuran yang menukik. Dan di sini kamu nggak bisa pakai ban. Hayo, berani nggak? Berita baiknya, Speed Tube nggak berakhir di kolam yang seringkali bikin kamu kecebur sambil gelagepan.

The Hairpin adalah slider terbuka yang bentuknya mirip tusuk konde. Kamu bisa menikmati wahana ini dengan naik ban berkapasitas 4 orang. Jadi harus berempat (lega kan?). Setelah start, kamu akan berputar melingkar, meluncur ke bawah sepanjang lintasan bergelombang dan berakhir di kolam. Di wahana ini kamu akan merasakan sensasi seru berarung jeram di udara.

Favorit lainnya adalah Twizter, slider setinggi 14,5 meter yang berbentuk seperti cawan/mangkuk raksasa. Kamu akan meluncur melintasi terowongan, menukik dan berputar dengan cepat di sepanjang dinding cawan beberapa kali (rasanya seperti mau terbang bebas keluar cawan) kemudian tersedot masuk dalam terowongan kedua dan berakhir dengan ceburan keras di kolam. Tenang saja, wahana ini dinaiki dengan ban berkapasitas 2 orang. Fiuh!

Hairpin (IMG: waterbom-jakarta)
Hairpin (IMG: waterbom-jakarta)
Aquatube (IMG: waterbom-jakarta)
Aquatube (IMG: waterbom-jakarta)
Bom-Blazter (IMG: waterbom-jakarta)
Bom-Blazter (IMG: waterbom-jakarta)
Twizter (IMG: waterbom-jakarta)
Twizter (IMG: waterbom-jakarta)

Seperti waterpark kelas dunia lainnya, di sini juga ada kolam ombak, kolam arus dan wahana anak-anak seperti Bom Blazter, Kiddy Slides dan Kiddy Pool.

Alamat: Jl. Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah Kapuk, Jakarta 14470

Jam Buka: 11:00 – 21:00 (Senin – Jumat) dan 08:00 – 21:00 (Sabtu dan Minggu/Libur).

Harga tiket:

Senin-Jumat/Hari Kerja:

  • Dewasa: Rp 150.000
  • Anak-anak: Rp 100.000
  • Balita umur < 2 tahun gratis

Sabtu, Minggu/Libur Nasional:

  • Dewasa : Rp250.000
  • Anak-anak : Rp190.000
  • Balita umur < 2 tahun gratis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “8 Waterpark Terbaik di Indonesia, Fasilitas dan Harga Tiket 2016

  1. Walaupun status ini lebih merujuk ke Waterpark, tapi masa sih wahana di Jatim Park ini tidak termasuk 10 besar Waterpark terbaik di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *