9 Destinasi Wisata Paling Keren di Flores

Sebagai bagian dari Indonesia Timur, Flores memiliki kecantikan alam yang sangat mempesona. Jika kamu berkesempatan mengunjungi pulau di Nusa Tenggara Timur ini, kamu bisa melihat betapa kayanya alam Flores.

Flores terdiri dari enam kabupaten, yakni Manggarai, Ngadha, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Lembata. Pulau seluas 14.300 km² ini menyimpan berbagai permata tersembunyi yang indah. Pantai-pantainya amat cantik dengan warna pasir yang beragam, mulai dari hitam, putih hingga pink. Bukan hanya laut biru jernih yang dimiliki Flores, tapi juga pegunungan yang megah dan indah. Penasaran apa saja destinasi wisata menarik di Flores? Simak ulasan Gogonesia berikut ini:

1. Danau Kelimutu

Ketika berkunjung ke Flores, kamu wajib menyambangi danau tiga warna nan cantik, Danau Kelimutu. Danau yang dikelilingi panorama alam yang indah ini terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru. sekitar 66 km dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere dan tepatnya di puncak Taman Nasional Kelimutu. Air di danau ini benar-benar tampil dalam tiga warna yang berbeda lho, travelers. Yang paling seru, warna air Danau Kelimutu tidak dapat diprediksi. Kadang-kadang, warnanya bisa biru, hijau dan hitam dan lain waktu bisa berwarna putih, merah dan biru dan beberapa waktu yang lalu berwarna coklat tua. Jadi, jika kamu berkali-kali mengunjungi Danau Kelimutu, kemungkinan warna air danau di hasil jepretan kamera kamu bisa bervariasi.

Danau Kelimutu
Danau Kelimutu

2. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. Di Labuan Bajo anda dapat mengunjungi beberapa pulau yang menghadap ke pelabuhan ini seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Di Labuan Bajo ini kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari cuci mata dengan pemandangan pulau-pulau kecil yang indah sampai menyelam dan melihat kecantikan taman laut di pulau tersebut. Pulau Kanawa dan Pulau Kukusan kecil adalah spot diving dan snorkeling terindah di Labuan Bajo. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sunset super keren dan belanja suvenir di Labuan Bajo, sebelum pergi ke Taman Nasional Komodo.

Snorkeling di Kanawa
Snorkeling di Kanawa

3. Taman Nasional Komodo

Nah, ini dia harta Flores yang paling berharga, rumah bagi kadal raksasa langka, Komodo. Di pulau ini, kamu bisa melihat Komodo yang fenomenal berkeliaran di sekitar pantai dan pemukiman. Kamu juga bisa trekking untuk melihat habitat liar Komodo di Pulau Rinca lalu menyambangi Pulau Padar untuk trekking, snorkeling, dan menikmati indahnya matahari senja.

Menikmati alam Pulau Komodo dan sekitarnya tak hanya bisa dengan trekking lho, travelers. Sekarang banyak orang yang memilih menjelajahinya dengan menggunakan kapal, baik phinisi maupun kapal sederhana. Saat ini ada banyak paket wisata yang menawarkan sailing di perairan Komodo. Tinggal pilih saja yang paling cocok dengan kamu.

Komodo
Komodo

4. Pink Beach

Pantai ini sungguh fenomenal. Jika dilihat dari atas, pasir pantainya benar-benar pink, sangat kontras dengan lautan yang berwarna gradasi biru hijau. Letaknya di sebelah barat Pulau Komodo. Ada dua cara untuk menjangkau Pink Beach, yaitu trekking atau menggunakan perahu. Kebanyakan traveler datang kesini menggunakan perahu atau kapal yang langsung mengantar mereka ke pantai. Bukan hanya pasirnya yang indah, air lautnya-pun biru jernih bagai kaca. Tak jauh dari pantai, kamu sudah bisa melihat terumbu karang dan anemon. Ikan-ikan beraneka jenis dan warna sibuk berenang di antaranya. Karena itulah, snorkeling dan diving jadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan di Pink Beach.

Pink Beach
Pink Beach

5. Pantai Koka

Pantai Koka terletak di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kamu pasti akan terkagum-kagum melihat pemandangannya yang indah, karena pantai ini memiliki pasir berwarna putih halus, dengan air lautnya yang jernih, khas pantai-pantai di timur Indonesia. Apalagi ada pemandangan perbukitan hijau yang melatar-belakanginya, makin lengkap eksotisme Pantai Koka. Dengan air berwarna biru toska serta pasir yang putih lembut, rasanya tak tahan untuk segera bermain dengan air ketika sedang berada di pantai ini.

Pantai Koka
Pantai Koka

6. Wae Rebo

Suasana Dusun Wae Rebo begitu tenang dan syahdu. Masyarakatnya hidup tenang di pelukan  pegunungan hujan tropis dan lembah hijau yang menjadi lokasi dusun ini. Selain alam pegunungan yang indah dan megah, Dusun Wae Rebo menyimpan kekayaan budaya Indonesia yang lain, rumah adat kerucut khas Manggarai.

Rumah adat ini begitu istimewa. Rumah yang disebut mbaru niang ini terdiri dari 5 tingkat yang semua ditutupi atap dan menjadi sebuah kerucut. Setiap tingkatnya memiliki fungsi yang berbeda menurut aturan adat. Berada di dusun yang letaknya sangat terpencil, dikelilingi keindahan alam yang begitu luar biasa, akan memberikan pengalaman tak terlupakan dalam liburan kamu.

Wae Rebo
Wae Rebo

7. Sawah Laba-laba

Keindahan alam lain yang akan membuat kamu terkagum-kagum adalah Sawah Laba-laba. Sawah yang berada di Ruteng ini berbentuk melingkar dengan formasi menyerupai jaring laba-laba. Jika dilihat dari udara, mungkin orang akan mengiranya crop circle. Tapi sebetulnya bentuk sawah ini disebabkan oleh pembagian sawah menurut tradisi masyarakat Manggarai yang disebut lingko.

Lingko adalah tanah adat yang dimiliki secara bersama oleh penduduk, dan dikelola bersama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bukan hanya sawahnya, Desa Cancar tempat sawah tersebut berada-pun memiliki pemandangan alam indah dan suasana yang tenang. Untuk mencapai Cancar dan melihat sendiri keunikan sawahnya, kamu bisa memulai perjalanan dari Kota Ruteng hingga Pasar Cancar menggunakan ojek. Setelah melihat sawah, jangan lupa mampir ke Danau Ranamese yang juga berada di Ruteng.

Sawah Laba-laba
Sawah Laba-laba
Danau Ranamese
Danau Ranamese

8. Desa Adat Bena

Budaya masyarakat Flores yang menyatu dengan keindahan alamnya selalu menarik untuk dijelajahi. Di suatu daerah bernama Bajawa yang terletak setelah Ruteng, adalah sebuah desa adat yang sangat memelihara sisi tradisional yang dipertahankan sejak zaman nenek moyang. Itulah Desa Adat Bena. Sisi tradisional dari desa ini langsung langsung terlihat dari rumah dan bangunan yang ada di desa ini. Atap-atapnya yang terbuat dari rumbia-ijuk, dengan dinding kayu yang jauh dari sentuhan modernisasi.

Populer sebagai desa zaman Megalithikum (atau jaman batu), kamu masih bisa melihat beberapa struktur megalitik yang ada di desa ini. Oh ya, Desa Adat Bena terletak di lereng Gunung Inerie yang sejuk, dengan perkebunan kopi mengelilinginya. Di tengah sejuknya udara desa, kamu bisa menikmati enaknya kopi Bajawa.

Desa Adat Bena (foto oleh Yully Sebayang)
Desa Adat Bena (foto oleh Yully Sebayang)

9. Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami dan semua wilayah pedesaan di Flores membuktikan bahwa pulau eksotik tersebut tak hanya punya keindahan pantai dan terumbu karang, tapi juga keindahan pegunungan. Air terjun ini berada di dalam kawasan hutan yang disebut hutan Mbeiling. Untuk masuk ke kawasan hutan yang di dalamnya terdapat air terjun Cunca Rami, kamu harus datang ke Kampung Roe yang merupakan pintu gerbang memasuki kawasan hutan Mbeiling, lalu trekking sampai ke puncak perbukitannya.

Air terjun Cunca Rami bisa kamu lihat dari atas bukit, namun untuk mencapainya kamu harus berjalan turun. Segala letih dan lelah akan hilang begitu sampai di air terjun eksotik dengan airnya yang jernih dan sejuk ini. Cunca Rami memiliki ketinggian kurang lebih 30-40 meter dan jatuh ke dasar sebuah danau kecil menyerupai kolam, yang mengundang kamu untuk segera berenang di dalamnya.

Air Terjun Cunca Rami
Air Terjun Cunca Rami

Nah, itu dia berbagai pesona alam dan budaya Flores yang menunggu untuk kamu jelajahi. Kapan lagi bisa menikmati begitu banyak kekayaan milik bangsa Indonesia tersebut? Jangan takut direpotkan dan dibingungkan oleh biaya, akomodasi dan transportasi, karena sekarang ada banyak paket open trip Flores dan Pulau Komodo yang bisa kamu ambil kapan saja, dengan biaya terjangkau karena kamu akan pergi bersama-sama travelers lainnya. Seru ‘kan?***

 

 

 

Sumber gambar:

nawaladutawisata.com, tantular.com, huffingtonpost.com, plataran.com, yukpiknik.com, detik.com, fadhlihsan.blogspot.com, gotsaga.com, isigood.com, blog.meow.fr[:]

One thought on “9 Destinasi Wisata Paling Keren di Flores

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *