9 Foto Kecantikan Grojokan Duwur, Air Terjun dengan Musik Alami

Ketika mendengar kata liburan, destinasi mana yang seketika melintas di pikiranmu? Kalau masih nggak jauh-jauh dari Bali, Jogja atau Malang, mungkin kamu masih kurang mengeksplorasi potensi wisata di Indonesia ini.

Nggak usah di Indonesia deh, di Jawa aja masih ada banyak banget destinasi wisata keren yang menunggu untuk dieksplorasi. Contohnya salah satu wisata alam yang ada di Pacitan, daerah yang dijuluki “hidden paradise of Java” yakni Grojogan Duwur.

Salah satu travel blogger yang rajin mengeksplorasi destinasi wisata keren di sekitaran Jawa memperkenalkan air terjun Grojogan Duwur di blognya. Air terjun yang indah ini terletak di Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Tengah.

Keadaan alam di sekitar Air Terjun Grojogan Duwur masih sangat asri, hijau, sejuk, dan sesekali terdengar kicauan burung di antara gemericik air yang bercipratan di bebatuan. Pemandangan dan suara yang sungguh menenangkan jiwa.

Airnya begitu dingin, bening dan segar, jatuh dari tiga sisi bebatuan. Di sekitar tempat tersebut terlihat goa yang cukup misterius dan nampaknya belum tereksplorasi.

Pemandangan mempesona di Grojogan Duwur ini memang highly instagrammable, namun kalau tujuanmu ke sini hanya untuk selfie dan pasang foto di media sosial, lebih baik tak usah. Rute yang harus ditempuh cukup menantang, dan seperti di wilayah pedalaman Jawa lainnya, tempat ini masih dianggap keramat oleh warga lokal.

PS: Jangan tertukar dengan Grojogan Duwur di Desa Sumbermiri di Nganjuk ya. Yang ini beda. Untuk yang ada di Nganjuk, Gogonesia akan bahas di artikel terpisah.

Cara menuju Grojogan Duwur di Pacitan

  • Kota Pacitan bisa kamu capai dengan menempuh jarak 100 kilometer dari Solo atau 270 kilometer dari Surabaya.  Dari alun-alun Kota Pacitan, kamu bisa mengambil rute menuju Pantai Teleng Ria.
  • Sesampainya di sana, ikuti arah menuju Pantai Srau (jalan satu jalur) hingga bertemu Balaidesa Candi, setelah itu belok kanan.
  • Lurus terus hingga bertemu pertigaan, belok kiri di pertigaan tersebut.
  • Ikuti saja terus jalan cor hingga habis di ujungnya.
  • Dari sana, kamu masih harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak (ikuti arus sungai) sekitar satu kilometer sebelum akhirnya tiba di Grojogan Duwur. Jangan sungkan untuk bertanya pada warga lokal.

Nah, terus gimana sih cantiknya Air Terjun Grojogan Duwur?

Lihat nih foto-foto yang diambil oleh Islah Agus ini:

#1 Tuh lihat air terjunnya, dari jauh aja udah cantik banget kan.

1 by Islah Agus - Jejak Kecilku

#2 Airnya terjun dengan deras ke kolam biru di bawah.

by Islah Agus
by Islah Agus

#3 Biru bertemu hijau, indahnya pemandangan.

by Islah Agus
by Islah Agus

#4 Surga tersembunyi di pedalaman Jawa.

by Islah Agus
by Islah Agus

#5 Kolamnya pun bening banget, bikin nggak tahan mau nyebur.

by Islah Agus
by Islah Agus

#6 Benar-benar sebuah permata tersembunyi.

by Islah Agus
by Islah Agus

#7 Mendengar suara gemericik air diiringi kicauan burung, mata dimanjakan oleh hijaunya alam, sungguh seperti musik alami yang dimainkan di surga.

by Islah Agus
by Islah Agus

#8 Keindahan alam ini masih sangat alami.

by Islah Agus
by Islah Agus

#9 Jadi tolong jaga supaya tidak ternoda ya.

by Islah Agus
by Islah Agus

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *