Ini Alasan Taman Nusa Menjadi Destinasi Wisata Wajib di Bali

Sebagai penjelajah sejati, tentu Bali sudah menjadi tempat yang akrab di telingamu bukan? Atau jangan-jangan, tahun ini kamu sudah beberapa kali bolak-balik ke Bali?

Memang, Bali seperti tidak ada matinya. Selalu bikin kangen, selalu bikin travelers ingin kembali lagi. Alam yang indah, budaya ekletik di mana kehidupan modern bersatu dengan nilai-nilai tradisional, ditambah berbagai tempat hiburan dan pusat seni yang menyenangkan untuk disambangi, menjadi daya tarik Bali yang sangat powerful menggaet wisatawan.

taman nusa entrance

taman nusa 3

Nah, buat kamu yang rencananya mau balik lagi ke Bali, tapi masih bingung mau ke mana, atau kamu yang sedang cari destinasi wisata baru di Bali, kenapa nggak coba datang ke Taman Nusa di Gianyar?

Untuk kamu yang belum kenal Taman Nusa, tempat ini adalah sebuah obyek wisata edukasi budaya yang menyajikan keanekaragaman seni dan budaya Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Singkatnya, kamu bisa menjelajahi seluruh Indonesia dalam sekali jalan-jalan saja. Seru kan?

papua taman nusa

taman nusa 1

Mungkin kamu akan langsung ingat Taman Mini Indonesia Indah ya? Memang konsepnya mirip, tapi bedanya, di Taman Nusa, rumah-rumah adat khas daerah-daerah di Indonesia sebagian besar merupakan rumah adat asli, yang didatangkan langsung dari daerah asalnya. Beberapa malah sudah berusia ratusan tahun. Selain itu, suananya dibuat se-alami mungkin, dengan pepohonan, sehingga kamu akan merasa sedang berada di perkampungan suku-suku asli. Keren ya!

taman nusa 10

taman nusa 11

taman nusa 7

Yang paling berkesan untuk Gogonesia adalah rumah adat berusia ratusan tahun, dengan banyak tulang-tulang dan tanduk binatang dipajang di bagian depannya. Rumahnya bermodel rumah panggung dan yang paling unik, pintunya tinggi dan kecil, seperti jendela. Pintu tersebut menghubungkan ke dalam sebuah ruangan kecil, dan ada beberapa pintu-pintu dengan ukuran sama menghubungkan ruangan tersebut dengan ruangan kecil lainnya.

taman nusa 15

taman nusa 2

taman nusa 18

Penasaran rumah adat dari daerah mana itu? Silakan datang sendiri ke Taman Nusa ya 🙂

Selain rumah adat asli, di Taman Nusa kamu juga bisa bertemu dengan penduduk asli dari daerah yang sedang melakukan berbagai aktivitas tradisional, seperti menenun, membatik, membuat wayang, latihan menari, dan sebagainya.


taman nusa 4

taman nusa 13

Nah, jika kamu capek jalan, boleh koq kalo mau mampir sebentar dan istirahat di teras atau di dalam rumah adatnya. Mau piknik juga bisa. Jadi, sebelum ke Taman Nusa, siapkan makanan yang banyak ya!

Atraksi lain di Taman Nusa adalah jembatan menuju “Indonesia di masa depan” berupa bangunan berbentuk sapu lidi yang mewakili persatuan. Di dalamnya, ada museum seperti museum kain, wayang dan etnografi, serta ruang pameran.

taman nusa 5

taman nusa 10

taman nusa 11

Ada juga replika Candi Borobudur, patung figur Mahapatih Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Palapa dalam menyatukan seluruh kerajaan Nusantara, serta tokoh proklamator RI, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Menurut pengelola Taman Nusa, nantinya akan ada atraksi yang berkaitan dengan sejarah perkereta-apian Indonesia, yang sekarang masih dalam tahap pengembangan.

taman nusa 9

taman nusa 8

taman nusa 5 theater

Mengelilingi area seluas 15 hektare ini memang agak melelahkan, tapi menyenangkan. Kalau lapar mulai menyerang, jangan khawatir karena ada cafe dan restoran di dalam Taman Nusa.

Jika kamu berencana mengunjungi Taman Nusa, siapkan saja dana untuk membeli tiket masuk Rp85.000 per orang untuk dewasa, dan Rp70.000 untuk anak-anak.

taman nusa 14
taman nusa 6

Taman-Nusa-Bali-Miniatur-Borobudur

Taman Nusa Bali

Jl. Taman Bali, Br. Blahpane Kelod, Desa Sidan,

Sidan, Gianyar Sub-District, Gianyar, Bali 80582

Phone: +62 361 952952

 

Sumber gambar: dok. Gogonesia, taman-nusa.com, yudaermawan.com, bali-indonesia.com, okezone.com, amsyongloser.blogspot.com, travelreception.com

 [:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *