Weekend Itinerary: Tempat Wisata Baru yang Seru di Bandung

Menghabiskan weekend di Bandung bisa jadi opsi tepat untuk warga Jakarta yang memang hanya punya waktu libur di hari Sabtu dan Minggu. Cobalah berangkat hari Jumat tengah malam, karena walaupun agak padat, kemacetan di tengah malam tidak akan separah di pagi atau siang hari Sabtu.

Kalau kamu termasuk road-tripper yang sudah sangat sering menghabiskan weekend di Bandung, tentu sudah sering menyambangi banyak tempat seru di Kota Bunga ini. Tapi ternyata Bandung masih punya banyak kejutan untukmu! Berikut rekomendasi Gogonesia:

1. Brunch di Kedai Takolada

Oke, weekend memang waktunya bangun siang. Alih-alih sarapan, kamu bisa mulai mengisi perut dengan brunch. Kalau mau sesuatu yang unik, kenapa nggak coba beberapa menu seru di Kedai Takolada? Kafe ini mulai dikenal dengan spesialisasinya untuk masakan Jepang dan berbagai es krim yang penampilannya terlalu cantik untuk dimakan.

Salah satu es krim yang terkenal adalah es krim yang dihiasi “rambut nenek” atau arumanis, yakni gula-gula berbentuk helaian yang sangat populer waktu zaman SD dulu.

(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)

Bagaimana dengan makanannya? Para food blogger menyukai takoyakinya, salah satu menu terkenal dari Takolada. Selain itu ada berbagai ramen (seperti Cheese Volcano Ramen) dan udon yang mendapat banyak pujian. Kuah dan bumbunya cukup tasty, dan mie yang disajikan pun matangnya pas. Membuat kamu ingin makan lagi dan lagi!

(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)
(IMG: infobdg)
(IMG: ceritaperut)
(IMG: ceritaperut)

Takolada ada di empat lokasi dan kamu bisa pilih salah satu yang terdekat: di Jalan Riau No. 83, Jalan Kalimantan No.12, Floating Market dan Kantin SMP Taruna Bakti. Budget untuk berdua? Cukup 100 ribu saja!

2. Belajar Bikin Keramik

Mendekorasi rumah atau kamar tidur dengan barang-barang cantik pastinya seru, apalagi jika barang tersebut merupakan karyamu sendiri!

Nah, sesekali cobalah ikuti salah satu workshop atau kursus membuat keramik di Bandung. Pastinya menyenangkan, dan tentu saja akan mengasah insting senimu. Kamu bisa mulai belajar membuat keramik berbahan dasar tanah liat (clay) dengan teknik manual ataupun teknik putar. Nggak hanya itu, kamu juga akan diajari bagaimana cara membakar keramik dan mewarnainya.

(IMG: junkmail)
(IMG: junkmail)
(IMG: tobucil)
(IMG: tobucil)

Jadi, setelah clay selesai dibentuk dan dikeringkan, mereka akan dibakar dalam tungku hingga setengah matang, disebut pembakaran biskuit. Setelah itu, keramik setengah matang tersebut akan diwarnai, lalu dibakar lagi hingga “matang”. Atau bisa juga mewarnainya setelah seluruh proses pembakaran selesai, tentu saja menggunakan jenis cat yang berbeda.

Coba saja, siapa tahu kamu berbakat dan keramik buatanmu bisa menyamai keindahan karya para seniman Belanda.

(IMG: via etsy)
(IMG: via etsy)

Beberapa studio yang membuka kelas keramik di Bandung diantaranya Teapot Studio, CH Pottery dan Elina Keramik.

3. Jelajah Bandung In-style dengan Street Gourmet

Konsepnya keren nih, jelajah Kota Bandung sambil menikmati fancy lunch di atas bus mewah!

Kalau bagimu wisata kuliner di Bandung sudah biasa, kamu bisa cobain Street Gourmet, sebuah restoran berjalan yang akan membawamu keliling kota dan tempat-tempat wisata menarik sambil menghidangkan menu-menu lezat dari bahan yang segar dan berkualitas.

(IMG: travelingcow)
(IMG: travelingcow)

Makanannya sendiri bervariasi mulai dari masakan khas Indonesia, terutama Sunda, hingga sajian mancanegara: Beef Stroganoff, Chicken Maryland, Soto Bandung, Lumpia hingga nasi bakar. Menu-menu tersebut tersedia dalam paket yang terdiri atas appetizer, main course, dessert, dan beverages. Tenang saja, semuanya halal koq!

(IMG: tempatwisatadibandung)
(IMG: tempatwisatadibandung)
(IMG: cumilebay)
(IMG: cumilebay)

Selain makanan yang enak, bus dengan 24 seat ini punya fasilitas lain seperti TV layar lebar, karaoke, sesi pemutaran film dokumentasi Bandoeng Tempo Doeloe, dan internet gratis. Lama perjalanannya sekitar 1,5 hingga 2 jam.

4. Habiskan Sore di Day & Nite Eatery and Grocery

Konsep yang menarik ditawarkan di sini, memadukan wisata kuliner dan wisata alam khas Kota Bandung. Tempatnya sendiri nyaman dan dipenuhi pepohonan pinus yang tinggi dan rindang. Konsep bangunannya pun unik, karena Day & Nite Eatery and Grocery dibangun dari tumpukan kontainer yang difungsikan seperti bangunan.

(IMG: rajatourbandungs)
(IMG: rajatourbandungs)

Buat kamu yang suka binatang, atau bawa anak-anak, bisa bermain sebentar di kebun binatang mini di sini sambil menunggu makanan diantar. Ada burung-burung besar nan cantik yang siap selfie sama kamu!

Untuk makanan, pilihannya cukup beragam. Walaupun porsinya tak terlalu besar, tapi rasanya cukup enak.

(IMG: pramestha)
(IMG: pramestha)
(IMG: anadanani)
(IMG: anadanani)
(IMG: foody)
(IMG: foody)

Tempat nongkrong yang lagi happening ini berlokasi di Jalan Akaza Utama nomor 9, Pramestha Resort Town, Dago Giri, Bandung.

5. Menginap dan Main di Dusun Bambu Bandung

Nah, untuk urusan menginap, kamu bisa pertimbangkan Dusun Bambu Bandung sebagai opsi. Konsep akomodasinya keren, berupa cottage mungil yang langsung menghadap ke hijaunya hutan. Atau, kamu bisa juga pilih tenda super nyaman supaya lebih dekat dengan alam.

Katanya, di sinilah tempat yang tepat untuk glamourous camping alias glamping. Jadi, nggak selamanya ya camping di tengah hutan harus tidur beralaskan tanah di dalam tenda.

(IMG: sharontravelogue)
(IMG: sharontravelogue)
(IMG: weekendtravelerblog)
(IMG: weekendtravelerblog)
(IMG: initempatwisata)
(IMG: initempatwisata)
(IMG: tesyasblog)
(IMG: tesyasblog)
(IMG: inclovermag)
(IMG: inclovermag)

Setelah menikmati istirahat yang nyaman dan damai (ditemani lullaby alami dari hutan), keesokan harinya adalah saatnya bermain! Di tengah suasana pedesaan Dusun Bambu, kamu bisa main go kart, paint ball, latihan memanah, hingga bersampan ria. Kalau mau hiking atau bersepeda lintas hutan juga bisa lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *