[:id]Jailolo: Indahnya Zamrud Tersembunyi di Timur Indonesia[:]

jailolo 2 - yadi yasin x
Jailolo. Foto oleh Yadi Yasin.

Hayo, siapa yang pernah dengar nama Jailolo? Jika kamu belum pernah dengar, jangan khawatir karena ada milyaran traveler di luar sana yang juga belum pernah mendengarnya. Kabar baiknya, Gogonesia akan memberi sedikit teaser tentang keindahan wilayah yang juga dikenal sebagai Halmahera Barat ini. Tahu ‘kan Pulau Halmahera? Itu lho, pulau yang mirip Sulawesi, tapi dalam versi “mini”. So, ada apa dengan Jailolo?

Bagai zamrud yang tersembunyi, wilayah vulkanis yang subur ini dikelilingi lautan biru berada di sebuah peninsula di timur Halmahera. Daerah ini memiliki begitu banyak sumber air panas alami, berkat adanya gunung api di daerah ini. Jika berendam air panas menjadi kemewahan tersendiri bagi sebagian besar traveler, tidak demikian halnya dengan penduduk lokal Jailolo. Mereka bisa mandi air panas alami kapanpun mereka mau. Asyik ya.

Penduduk lokal Jailolo terbagi menjadi empat suku, yaitu Sahu, Loloda, Tobaru, Ternate, Wayoli, dan Gorep. Satu hal yang menjadi pemersatu mereka adalah penghargaan kepada sumber alam, filosofi yang mengapresiasi kekuatan alam. Apresiasi tersebut mereka tuangkan dalam Festival Teluk Jailolo sebagai tanda syukur atas kelimpahan panen, dimana dilakukan ritual “Sigofi Ngolo”. Ritual ini dilakukan dengan mengelilingi Pulau Babua dengan perahu-perahu berhias, sambil bersembahyang dan meminta izin arwah leluhur untuk mengadakan festival. Perayaannya sendiri begitu meriah, disinari cahaya matahari nan cerah yang memperindah berbagai warna yang ditampilkan selama festival.

Jailolo Bay Festival
Jailolo Bay Festival

Seperti sebagian besar wilayah Indonesia Timur, Jailolo diberkahi dengan lautan biru sejernih kristal dan langit cerah yang melatar-belakanginya. Keindahan tersebut dibuat sempurna dengan pantainya yang hijau berhias perbukitan. Semua foto yang kamu ambil disana akan cukup indah untuk diabadikan sebagai kartu pos. Jika kamu kesana, jangan lupa mengunjungi berbagai tempat unik atau yang keindahannya begitu memukau. Apa saja sih?

Dermaga Payo

Hanya 15 menit dari dermaga utama Jailolo, kamu akan sampai di Dermaga Payo. Dermaga dan Pantai Payo memang terletak di sebelah barat pelabuhan Jailolo. Nama “Payo” diambil dari kata “payau”, campuran air laut dan air tawar. Diberi nama seperti itu karena air di pantai ini memang campuran antara air laut dan air yang berasal dari mata air. Pemandangan di sini begitu cantik. Lautan luas dihiasi berbagai “bukit-bukit” pulau hijau dan biru di kejauhan akan memanjakan jiwa fotografer-mu.

jailolo 7 - dermaga payo - marichka prudence x
Dermaga Payo. Foto oleh Marischka Prudence

Pantai Air Panas

Pantai Air Panas adalah pantai sepi yang akan membuatmu merasa seperti liburan di pantai pribadi. Uniknya, di pantai ini ada mata air panas yang bisa kamu jadikan tempat berendam.  Apa lagi yang lebih nikmat dibandingkan dengan berendam air panas sambil menikmati pemandangan pantai yang keren? Pemandangan pantai dihiasi bebatuan hitam yang tersebar di beberapa tempat, menambah eksotisme Pantai Payo. Di kejauhan, terlihat siluet Pulau Tidore, Maitara dan Ternate.

Pantai Bobanehena

Pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Jailolo yang sempurna. Pantai yang juga dikenal sebagai “Pantai Galau” ini menyajikan pemandangan sunset yang benar-benar elok. Hanya dengan berkendara 20 menit dari pusat Jailolo, kamu bisa menyaksikan perubahan warna langit yang menakjubkan, dari oranye, merah, hingga bercampur dengan warna ungu kebiruan, sebelum matahari sepenuhnya pulang ke peraduan. Siap-siap menarik nafas, puas dengan “serangan keindahan” di senja hari.

Pantai Bobanehena. Foto oleh Ferry Rusli.
Pantai Bobanehena. Foto oleh Ferry Rusli.

Pantai Arugasi

Pantai cantik lainnya dimana kamu bisa menikmati suasana dan keindahan alam tropis. Pantai ini berlokasi di garis pantai barat Jailolo. Memang dibutuhkan effort lebih untuk menuju pantai ini. Kamu harus berjalan kaki setidaknya 15 menit dari jalan utama. Namun ketika tiba, semua lelah pasti terbayarkan. Pantai perawan dan terpencil ini akan memperkenalkanmu pada surga! Kecantikan Pantai Arugasi bagaikan permata hitam. Pasir disini tidak putih layaknya di pantai-pantai indah lainnya, tapi hitam dan sangat kontras dengan air yang biru turkis. Siapkan kamera kamu, dan banyak waktu untuk menikmati yang disajikan oleh alam. Momen wajib di Pantai Arugasi adalah saat sunset. Sumpah, kamu harus ada disana pada saat matahari terbenam, dan lihat ada apa!

Pantai Arugasi. Foto oleh Ferry Rusli.
Pantai Arugasi. Foto oleh Ferry Rusli.
Pantai Arugasi. Foto oleh Ferry Rusli.
Pantai Arugasi. Foto oleh Ferry Rusli.
Pantai Arugasi. Foto oleh Ferry Rusli.
Pantai Arugasi. Foto oleh Ferry Rusli.

Air Terjun Kahatola

Sedikit bergeser dari Jailolo, kamu akan menemukan mahakarya Tuhan yang menakjubkan dan sulit ditemukan di tempat lain; air terjun yang bermuara di sebuah tebing dan langsung jatuh ke laut. Ya, itulah air terjun Kahatola. Untuk menuju kesana, kamu harus datang ke Kepulauan Loloda Selatan, sekitar 2,5 jam perjalanan dengan speed boat dari pesisir Halmahera Barat. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam mempesona; tebing-tebing gagah dan ratusan lumba-lumba yang tinggal di teluk tersebut. Oh ya, Loloda juga dikenal sebagai titik penyelaman yang cantik lho!

Air Terjun Kahatola.
Air Terjun Kahatola.

Bagaimana Menuju Kesana?

Jika ingin ke Jailolo, datanglah ke Ternate lebih dulu. Ada banyak maskapai yang melayani rute menuju Ternate, seperti Lion Air dan Sriwijaya Air. Dari Ternate, kamu harus menyeberang melalui pelabuhan Dufa-Dufa (naik ojek saja kesini, karena di Ternate banyak ojek). Dari Dufa-Dufa, bisa menumpang speedboat yang akan berangkat jika sudah penuh. Biayanya sekitar 50.000 rupiah.Oh ya, selama di Jailolo kamu juga bisa “menyewa” ojek untuk berkeliling. Jangan lupa, waktu terbaik untuk datang ke Jailolo adalah bulan Mei, dimana Festival Teluk Jailolo diselenggarakan.

Nah, itulah daya tarik Jaililo yang menunggu untuk kamu jelajahi. Masih banyak pantai dan tempat-tempat indah di Jailolo yang belum dibahas disini. Daftarnya mungkin bisa kamu tambahkan sepulangnya dari Jailolo!***

 

 

 

Gambar: wiranurmansyah.com, marischkaprudence.blogspot.com, ferryrusli.blogspot.com, jakpost.travel, slickzine.com.[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *