“Mutiara Hitam” Sulamadaha dengan Laut Sebening Kaca

pantai-sulamadaha-1x

Mutiara tak selalu putih bersinar. Beberapa mutiara terindah justru berwarna hitam, seperti halnya Pantai Sulamadaha di Ternate. Kamu tentu sudah tahu bahwa kepulauan Maluku memiliki begitu banyak pantai berpasir putih nan indah. Namun tak seperti pantai kebanyakan, Pantai Sulamadaha yang berada di Desa Sulamadaha, Pulau Ternate, Propinsi Maluku Utara ini berpasir hitam.

Walaupun berpasir hitam, Pantai Sulamadaha punya keistimewaan tersendiri, yaitu air lautnya yang sebening kaca. Airnya begitu jernih dan belum tercemar, dengan terumbu karang yang dihuni berbagai jenis ikan. Beberapa di antaranya bahkan merupakan spesies langka lho, travelers. Keren ya! Jika kamu menatap ke timur, akan terlihat puncak Gunung Gamalama menjulang begitu indahnya di balik perbukitan. Wow.

Pantai Sulamadaha gogonesia x

Oh ya, Pantai Sulamadaha ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri yang dahulu menjadi tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah. Beliau pergi ke pulau ini untuk menghindari penangkapan oleh Belanda. Pulau ini merupakan bukit dengan tumbuhan hijau yang menjadikan panorama pantai Sulamadaha semakin sejuk dan indah. Hanya duduk melamun sambil menikmati angin laut dan pemandangan lepas pantai, atau bermain air nan jernih saja sudah cukup membuatmu bahagia. Siapkan saja kameramu untuk mendapatkan foto-foto cantik!

The Holl
The Holl

Ingin dapat foto yang lebih keren lagi? Kamu bisa berjalan ke sebelah kiri dan temukan jalan setapak menuju Teluk Saomadaha. Sekitar 10 menit berjalan kaki, kamu akan sampai di sebuah teluk, yaitu lautan yang menjorok ke daratan seperti danau. Teluk ini berbentuk piramid berpasir putih dan airnya bening seperti kaca. Koral-koral di dasar perairannya sampai terlihat dengan mata telanjang saking beningnya. Kamu tak boleh melewatkan kesempatan untuk diving dan snorkeling di sini.

holl sulamadaha x sulamadaha snorkeling x

Di teluk yang disebut “The Holl” ini kamu juga bebas berenang dan main air, karena aman dan ombaknya relatif kecil. Ada tempat penyewaan ban, atau bisa juga berkeliling dengan kano yang bisa disewa dari nelayan dengan tarif 30.000 rupiah. Kamupun bisa menyeberang ke Pulau Hiri dengan tarif 5000 per orang, namun perahu akan menunggu sampai penumpang penuh.

sulamadaha gogonesia x

Lapar setelah main seharian? Jangan khawatir karena ada warung-warung yang bisa dijadikan tempat nongkrong sambil minum es kelapa muda dengan gula aren, plus keripik pisang mulut bebek yang dicocol sambal dabu dabu. Menikmati lezatnya hidangan sederhana itu, sambil memandangi indahnya alam, who would ask for more?

pisang mulu bebek x

Akses Menuju Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha berjarak sekitar 14 km dari pusat Kota Ternate dan bisa dijangkau dengan mudah. Dari pusat Kota Ternate, kamu bisa naik angkutan umum yang menuju Pantai Sulamadaha dengan perjalanan sekitar 1 jam. Setelah Sulamadaha, siap-siap menikmati keindahan alam Maluku lainnya di Pantai Ora, Morotai, Pulau Babua, dan Guraici Halmahera Selatan. Yuk!***

 

Sumber gambar: triptrus.com, gambarwisata.com, jalan2.com, travel.detik.com, indonesiatravelmagz.com, turisma.co.id, aisyaaaaahvy.blogspot.com

 [:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *