Serunya Bertualang Menjelajahi Pulau Tropis dan Kekayaan Budaya Mentawai

mentawai 2x

Travelers, sudah pernah dengar tentang Kepulauan Mentawai? Jika belum, sudah saatnya kamu tahu lebih banyak tentang kepulauan yang menjadi tempat favorit para bule untuk berselancar ini. Ya, Mentawai memang lebih banyak dikenal oleh turis mancanegara dibandingkan orang Indonesia sendiri. Padahal, pulau yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat ini memiliki panorama alam dan laut yang mempesona dan sempurna untuk wisata bahari.

mentawai 1x

Kepulauan Mentawai bisa diakses melalui Kota Padang. Atraksi utama di Kepulauan Mentawai selain surfing adalah petualangan menempuh pedalaman hutan tropis yang masih asli, serta menikmati kehidupan masyarakat adat yang tinggal damai di dalamnya. Inilah daerah yang belum terjamah banyak oleh tangan manusia dan infrastruktur modern.

Buat kamu yang penasaran ingin melihat kekayaan alam dan budaya Mentawai, berikut ini rekomendasi tempat-tempat indah di Mentawai dari Gogonesia:

 

1. Pulau Sipora

Pulau terkecil di gugus kepulauan Mentawai ini letaknya sangat strategis, berada di tengah-tengah antara Kepulauan Pagai dan Pulau Siberut. Di pulau ini pula terletak ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai, yaitu Tua Pejat. Pulau ini menjadi favorit para surfer karena ombaknya yang dapat ditunggangi sepanjang tahun. Tapi untuk ombak terbaik, datanglah pada bulan April hingga Oktober.

surfing mentawai x

2. Desa Sikakap

Daerah Sikakap di Mentawai memiliki banyak pantai indah dengan lautnya yang biru dan tenang. Kamu harus mendatangi Pantai Mabola Indah di Dusun Mabola, dan Bakkat Binuang dengan pantai cantik dan kehidupan bawah air yang mempesona.

3. Pulau Siberut

Nah, kalo yang ini merupakan pulau terbesar di Mentawai. Pulau ini berada di lepas pantai daerah Sumatera Barat yang dipisahkan oleh bagian Selat Mentawai. Untuk kamu yang cinta petualangan, kamu akan mendapatkannya di sini. Begitu sampai di Siberut, kamu akan disambut dengan pesona alam liar di Taman Nasional Siberut. Siap-siap saja mendapat pengalaman baru dengan ragam budaya, adat istiadat, dan alam tropis tempat tinggal Suku Mentawai, penduduk asli di pulau ini. Kehidupan mereka yang terisolasi dari dunia luar akan sangat menarik untuk ditelusuri. Kamu bisa menyaksikan kehidupan Suku Mentawai yang tinggal di rumah-rumah panggung, dan melihat aktivitas mereka seperti membuat sagu, menato tubuh, membuat racun panah, melaksanakan ritual adat, ritual pengobatan oleh dukun, dan menjahit pakaian tradisional. Seru banget ‘kan!

suku mentawai 2x

Suku Mentawai
Suku Mentawai
Suku Mentawai di Siberut (foto oleh  Hanka Kurczyna)
Suku Mentawai di Siberut (foto oleh Hanka Kurczyna)
Rumah adat Mentawai
Rumah adat Mentawai

Oh ya, jangan lupa menjelajah di Taman Nasional Siberut yang merupakan cagar alam yang dilindungi. Inilah petualangan yang merupakan kombinasi dari berbagai aktivitas seru, seperti berperahu, mendayung, trekking di jalur berlumpur, menikmati keindahan hutan tropis, serta mengamati flora dan fauna. Di sini kamu bisa melihat habitat empat primata endemik Mentawai, yaitu bilou atau siamang kerdil (Hylobates klosii), joja atau lutung mentawai (Presbytis potenziani), simakobu atau monyet ekor babi (Simias concolor), dan beruk mentawai (Macaca pagensis).

Pantai di Pulau Siberut
Pantai di Pulau Siberut

4. Pulau Nyang Nyang

Pulau Nyang Nyang juga menjadi tempat favorit para peselancar untuk memburu ombak. Di dunia internasional, ombak di Mentawai merupakan ombak sebagai terbaik ketiga di dunia setelah Hawaii dan Tahiti. Tapi pulau ini memiliki keistimewaan lain berupa keindahan alam tropis yang eksotis.

5. Pantai-pantai di Mentawai

Sebagai kepulauan tropis, Mentawai punya banyak pantai cantik menawan. Karakter utama pantai-pantainya adalah pasir pantai yang putih, berpadu dengan birunya air laut yang jernih. Sebut saja Pantai Tuapeijat, Katiet, Betaet, Mapaddegat, Makakang di Sipora Utara, Katiet di Sipora Selatan, dan Simatalu di Siberut Barat. Puas banget deh main di pantai!

Pantai Betaet
Pantai Betaet
Pantai Mapaddegat
Pantai Mapaddegat
Pantai Katiet
Pantai Katiet

mentawai x

Masih banyak lagi keindahan dan eksotisme Kepulauan Mentawai yang bisa kamu eksplorasi. Sayangnya, banyak traveler yang berasumsi bahwa wisata ke Mentawai itu mahal, semahal wisata ke Raja Ampat. Padahal sekarang banyak paket wisata dan open trip Mentawai yang menawarkan harga terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Untuk kamu yang gemar bertualang dan mencintai keindahan alam, Mentawai wajib ada di daftar tujuan jalan-jalanmu selanjutnya.***

 

 

Sumber gambar: travelblog.ticktab.com, indonesia.travel, jasonwolcottphotography.com, letstravelsomewhere.com, enjoyourholiday.com, seabournsurf.com, photoburst.net, iqbalpajatapuih.com[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *