Sombori: Tempat Keindahan Raja Ampat, Bunaken dan Wakatobi Jadi Satu

Travelers pasti sudah akrab dengan keindahan tiga surga Indonesia, yakni Raja Ampat, Bunaken dan Wakatobi, bukan? Memang, tiga destinasi wisata tersebut popularitasnya sudah mendunia. Jika mimpi kamu menyambangi ketiga tempat itu belum kesampaian, kamu bisa lho mewujudkannya sekaligus hanya dengan mengunjungi satu destinasi wisata saja.

Koq bisa? Tentu saja, karena konon, semua pesona alam di Raja Ampat, Bunaken dan Wakatobi berkumpul jadi satu di sebuah surga bernama Sombori di Morowali. Hebatnya lagi, pulau tropis di Sulawesi Tengah yang dihuni Suku Bajo ini masih belum terjamah arus pariwisata, alias masih perawan.

sombori 2

Keindahan alam dan lautnya sungguh memikat hati, dengan bukit-bukit karang nan eksotik ala Raja Ampat mengawal pantai-pantai berpasir putih halus yang bertemu dengan mesranya dengan laut biru kehijauan yang jernih. Pepohonan kelapa yang anggun dan ramping menggoyangkan daunnya, seolah bahagia berada di tempat seindah surga ini.

Namun keindahan Pulau Sombori tidak hanya di permukaannya saja, travelers. Konservasi laut Sombori seluas lebih dari 175 ribu hektare merupakan rumah dari berbagai jenis biota laut. Taman lautnya dipenuhi ragam terumbu karang beraneka bentuk, warna dan ukuran, mulai dari hard coral hingga soft coral yang cantik.

sombori 6

 

sombori 1

Berbagai jenis ikan, moluska dan makhluk laut lainnya menjadi penghuni terumbu karang, yang siap menyapa para diver dan pecinta snorkeling. Konon, Pulau Sombori juga memiliki gua yang menyimpan harta karun bawah laut.

Selain keindahan alam, pengunjung di Sombori juga bisa berkenalan dengan adat dan budaya Suku Bajo yang sangat menarik, sekaligus melihat keseharian hidup mereka yang tentunya sangat berbeda dengan penduduk perkotaan.

sombori diving

 

sombori 5

Asyiknya lagi, Pulau Sombori ini termasuk pulau yang mudah dijangkau. Sombori bisa ditempuh dalam waktu satu jam dengan speed boat dari Kendari, Ibukota Sulawesi Tenggara.

Nah, jika kamu tertarik menyambangi Sombori, kebetulan, bulan November ini ada festival seru yang konon bisa disejajarkan dengan Festival Jailolo yang keren itu. Keindahan Sombori akan diperkenalkan melalui Festival Bajo Pasakayyang, yang akan dihelat pada 21 November 2015 di Pulau Kaleorang, Kabupaten Morowaliā€ˇ, Sulawesi Tengah.

Yuk, siap-siap liburan lagi!***

 

Sumber gambar: metrosulawesi.com, kkpnews.kkp.go.id, dream.co.id, travel.detik.com, viva.co.id

 [:]

One thought on “Sombori: Tempat Keindahan Raja Ampat, Bunaken dan Wakatobi Jadi Satu

  1. Bu Retno,

    Apakah ada tour dari Kendari ke Sombori yang direkomendasikan ? u/ ke Sombori apakah ada bulan-bulan khusus ( mis. laut lebih tenang, air tidak keruh dll ). Thx u

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *