Top 8 Destinasi Wisata Terbaik di Bengkulu

Nama Bengkulu mungkin belum terlalu menggaung di dunia pariwisata Indonesia. Tapi sebetulnya daerah ini punya banyak destinasi wisata seru yang bisa jadi alternatif liburanmu lho, travelers. Bengkulu sendiri merupakan sebuah provinsi yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatra dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Karena itulah Bengkulu punya banyak pantai dan pulau indah seperti Pulau Tikus dan Pantai Pasir Panjang. Selain itu, Bengkulu juga menjadi kampung halaman bunga raksasa terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi. Apa lagi yang menarik di Bengkulu?

1. Pulau Tikus

Jangan bayangkan tikus-tikus berkeliaran di sini ya, travelers. Pulau Tikus memiliki panorama alam yang memukau, air laut yang jernih, dan pesona taman laut yang dipenuhi ikan serta biota laut penuh warna. Di sini kamu bisa snorkeling sepuasnya untuk mengagumi kehidupan di terumbu karang yang memikat. Sayangnya, pulau cantik ini tengah menghadapi masalah abrasi yang makin cepat dari tahun ke tahun. Sayang sekali ya jika pulau seindah ini harus menghilang dari lautan Indonesia?

Pulau Tikus
Pulau Tikus

Oh ya, Pulau Tikus terletak 10 kilometer arah barat dari kota Bengkulu, Pulau Tikus adalah sebuah pulau yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Kamu bisa menjangkau destinasi wisata di Bengkulu ini dengan menyewa kapal nelayan di pantai Jakat, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Jika menyewa kapal Pelabuhan Pulau Baai kamu bisa menempuh perjalanan selama sekitar 40 menit.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Gading Cempaka sering didatangi oleh mereka yang mengagumi perjuangan sang proklamator, Ir. Soekarno, yang berjuang bersama rakyat Indonesia merebut kemerdekaan. Rumah ini menjadi saksi bisu perjuangan beliau. Selama empat tahun, yaitu dari 1938 hingga 1942, rumah berukuran 9 x 18 meter ini menjadi tempat tinggal Bung Karno.

Rumah Bung Karno
Rumah Bung Karno

Arsitektur rumah ini bergaya khas Tiongkok dengan ornamen dan lubang angin khas oriental. Diduga rumah ini sebelumnya adalah milik pedagang Cina yang kemudian disewa oleh Belanda sebagai tempat pengasingan Bung Karno. Di sini, kamu bisa melihat banyak buku koleksi Bung Karno, sepeda, meja, ranjang, kursi, mesin jahit, dan bahkan surat cinta antara Bung Karno dan Ibu Fatmawati dahulu. Menariknya, di belakang rumah terdapat sebuah sumur tua yang mitosnya bisa mengabulkan permohonan jika kamu membasuh wajah dengan airnya.

3. Danau Dendam Tak Sudah

Wow, ngeri ya namanya? Tapi bertentangan dengan nama tersebut, penampilan danau ini sungguh elok. Nama tersebut berasal dari legenda buaya buntung yang konon menunggu Danau Dendam Tak Sudah ini. Danau ini terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu dengan jarak hanya sekitar 6 kilometer. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam dengan alam yang indah. Udara sejuk, panorama menawan yang tercermin di permukaan danau yang tenang, apa lagi yang kamu butuhkan? Untuk menikmati semuanya, kamu bisa menaiki rakit berkeliling danau atau memancing.

Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah

Selain Danau Dendam Tak Sudah, ada juga Danau Mas Harun Bastari di Curup. Danau unik ini memiliki sebuah pulau yang berbentuk huruf C di tengahnya. Menurut masyarakat setempat, huruf “C” itu untuk kata Curup. Panorama indah di sekitar danau sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera.

Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harun Bastari

4. Pantai Tapak Paderi

Ini dia pantai yang terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya yang indah. Menikmati cantiknya langit senja di tepi pantai, ditemani jagung bakar, pisang bakar dan es kelapa muda, kebayang kan nikmatnya?

Pantai Tapak Paderi ini juga biasa digunakan sebagai lokasi Festival Tabot, yang merupakan peringatan wafatnya Husein bin Ali bin Abu Thalib. Ada banyak pertunjukan seni dan perlombaan yang diadakan pada saat festival. Selain itu juga digelar pasar kaget yang menjual berbagai kuliner, pakaian dan suvenir khas Bengkulu. Pantai cantik ini hanya berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.

Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi kala senja
Pantai Tapak Paderi kala senja

5. Benteng Marlborough

Benteng yang berbentuk mirip kura kura ini dahulu menjadi benteng pertahanan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera dan sekaligus untuk mempertahankan Bengkulu sebagai daerah monopoli lada dan perdagangan. Benteng yang dibangun pada tahun 1713-1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet dianggap sebagai benteng terkuat kedua milik Inggris di Timur setelah benteng St. George di Madras, India. Sejarah kolonial di Tanah Air bisa kamu telusuri di sini. Bentuk dan kondisi bangunan yang kuno, dengan banyak jembatan, akan membawa kamu menjelajah waktu ke masa penguasaan Inggris di Sumatera. Apalagi ada laut yang cantik di latar belakang.

Benteng Marlborough
Benteng Marlborough

6. Hutan Lindung Bukit Daun

Buat kamu yang penasaran ingin melihat langsung bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi alias bunga bangkai, kamu bisa datang ke habitat aslinya di Hutan Lindung Bukit Daun. Namun bunga langka tersebut tidak mekar setiap saat. Jika sedang beruntung, pemandu akan membawamu masuk menelusuri hutan untuk menemukan bunga Rafflesia yang jika sedang mekar diameternya bisa mencapai 1 meter ini.

Rafflesia
Rafflesia

Calon-calon bunga yang siap mekar-pun terus dipantau oleh Komunitas Peduli Puspa Langka. Tujuannya, memberi perlindungan dan melestarikan bunga langka yang menjadi ikon Bengkulu itu. Bunga-bunga tersebut memang cukup sering ditemukan mekar. Pada rentang waktu Januari-Juni 2015, telah bermunculan 25 kuntum Rafflesia. Selain di Hutan Lindung Bukit Daun, kamu bisa melihat Rafflesia di Taman Wisata Gunung Kepahiang, Cagar Alam Taba Penanjung di Kabupaten Bengkulu Tengah dan kawasan hutan Kabupaten Kaur.

8. Suban Air Panas

Pemandian air panas alami di kota Curup, Bengkulu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Ada kolam-kolam yang berisi air panas alami  yang keluar dari perut bumi. Airnya dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit kulit. Berendam air panas di tengah dinginnya udara Curup? Nikmat sekali pastinya! Apalagi di wilayah ini juga ada obyek wisata lain, yaitu Suban Air Terjun, air terjun dengan ketinggian 15 meter yang airnya sangat dingin!

Suban Air Terjun
Suban Air Terjun
Kolam Suban Air Panas
Kolam Suban Air Panas

9. Pantai Pasir Panjang

Bengkulu memiliki pantai dengan garis pantai sangat panjang, mencapai 7 kilometer! Terletak di wilayah strategis di Bengkulu, kamu bisa mengakses pantai ini dengan mudah. Dari pusat kota, lama perjalanannya hanya sekitar 15 menit untuk dapat sampai di Pantai Panjang ini. Bagi masyarakat lokal, pantai ini adalah juga salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasannya.

Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang

Keindahan pantai ini dilengkapi dengan barisan pohon cemara dan pinus yang tumbuh di sepanjang bibir pantai. Selain itu, kamu tak boleh melewatkan pemandangan matahari senja yang perlahan menghilang di tengah laut. Berbagai jajanan dan makanan juga dijajakan di wilayah pantai, dan kamupun bisa menikmati wisata kuliner khas Bengkulu di sini.

Wah, ternyata Bengkulu punya banyak obyek wisata menarik ya. Yuk, berlibur ke Bengkulu!***

 

 

Sumber gambar: 1001wisata.com, abenkmuchtar.blogspot.com, indonesia.travel, news.liputan6.com, gogoleak.wordpress.com, marpencamiken.blogspot.com, mahardikasyaputri.web.ugm.ac.id, cendikianews.com, zonatiketmurah.blogspot.com[:]

One thought on “Top 8 Destinasi Wisata Terbaik di Bengkulu

  1. Tulisannya sangat menarik sekali dan mudah inspiratif, saya juga mempunyai tulisan yang berkaitan dengan pariwisata indonesia, klik Klik disini 😀 😀 Happy Sharing 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *