Wow! Datang ke Festival Lembah Baliem, Bisa Bertemu Mumi 250 Tahun

mumi lembah baliem xFestival Lembah Baliem yang dimulai tanggal 5 Agustus dan ditutup tanggal 10 Agustus kembali menyuguhkan keunikan. Pengunjung yang datang ke festival ini bisa “bertemu” dengan mumi yang sudah berumur 250 tahun!

Festival Lembah Baliem di Papua merupakan acara yang telah berlangsung turun-temurun sejak tahun 1989. Di sini kamu bisa menyaksikan pertempuran antara suku Dani, Yali dan Lani di arena perang. Jangan khawatir, perang ini hanya dilakukan untuk pertunjukan dan tetap aman untuk disaksikan. Detail mengenai festivalnya sendiri bisa kamu baca di artikel berikut ini.

Atraksi di Festival Lembah Baliem
Atraksi di Festival Lembah Baliem
Lembah Baliem
Lembah Baliem

Setelah “perang” usai, kamu juga bisa bertualang di Lembah Baliem, seperti jalan-jalan ke pasar Suku Dani di Wamena, atau menyambangi Desa Wauma, kampung tradisional di Papua.

Setelahnya, kamu bisa bertualang ke Desa Aikima, tempat Sang Mumi bersemayam. Mumi tersebut adalah kepala suku bernama Werupak Elosak yang telah berumur 250 tahun. Saat masih hidup, sang kepala suku dikenal bijaksana dan sangat ramah. Dia dicintai rakyatnya, sehingga penduduk enggan untuk membakar jasadnya. Jasad Werupak Elosak kemudian diawetkan sebagai mumi agar dapat dikenang oleh keturunannya.

Werupak Elosak
Werupak Elosak

Satu lagi mumi ada di Desa Jiwika, Wim Motok Mabel, seorang panglima perang di masa lalu. Usia mumi panglima perang ini sekitar 278 tahun, ini dihitung dari jumlah tali di lehernya yang ditambah setiap tahun berganti. Semasa hidupnya, si empunya raga merupakan sosok yang pemberani, pemimpin yang gagah dan disegani.

Wim Motok Mabel (foto oleh Marischka Prudence)
Wim Motok Mabel (foto oleh Marischka Prudence)

Selepas bertemu mumi, kamu bisa melanjutkan petualangan dengan mendaki dari Desa Aikima menuju mata air garam. Pendakian ini memakan waktu dua jam. Sumber air garam ini dimanfaatkan para wanita suku Dani selama berabad-abad untuk membuat garam dengan cara sederhana.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera dapatkan paket Festival Lembah Baliem dengan harga terjangkau di Gogonesia.com!***

 

 

Sumber gambar: spiritriau.com, tabloidjubi.com, infopublik.id, travel.detik.com, marischkaprudence.blogspot.com[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *