Brown Canyon: Destinasi Wisata Baru Semarang nan Megah!

Brown Canyon? Beneran itu di Indonesia? Kamu pasti udah tahu dong yang namanya Grand Canyon di Amerika sana, dan Green Canyon di tengah eloknya alam tropis Pangandaran. Nah, kalo Brown Canyon ini adanya di Semarang, travelers!

Bukan tepat di kotanya sih, tebing-tebing menjulang megah yang dinamai Brown Canyon ini berada di dekat Semarang, sekitar di 2 kilometer di selatan TVRI Jawa Tengah, tepatnya di Rowosari Meteseh, Tembalang, Semarang. Walaupun baru dikenal, tempat ini sudah jadi lahan perburuan favorit para fotografer.

Yes, you’re definitely going to make great shots here!

(IMG: M Indra Arief)
(IMG: M Indra Arief)
(IMG: momtraveler)
(IMG: momtraveler)

Eksotisme Brown Canyon terletak pada kemegahan tebing-tebing yang menjulang tinggi, berpadi dengan dengan adanya pepohonan hijau di puncaknya. Pesona alam yang istimewa ini membuat tempat membuat Brown Canyon menjadi destinasi wisata menarik yang sayang jika tidak dikunjungi.

(IMG: ikazenita)
(IMG: ikazenita)
(IMG: dolan-semarang)
(IMG: dolan-semarang)
(IMG: bukanrastaman)
(IMG: bukanrastaman)

Tapi, kalau kamu mau datang ke Brown Canyon dan tanya arah ke penduduk sekitar, dijamin kamu nggak akan dapat jawaban. Mereka belum kenal nama Brown Canyon. Yang mereka tahu hanya wilayah ini merupakan lokasi penambangan material pasir, tanah urug dan batu padas. So, kamu harus cari jalan sendiri travelers. Welcome to adventure!

(IMG: hellofathia)
(IMG: hellofathia)
(IMG: browncanyonsemarang)
(IMG: browncanyonsemarang)

 

Rute menuju Brown Canyon Semarang

Sudah sampai Kota Semarang, lantas ke mana? Silakan pilih dari tiga rute berikut ini:

1. Arah Timur Semarang:

Untuk menelusuri rute menuju Brown Canyon, dari timur Kota Semarang, kamu bisa ambil arah menuju  Jalan Fatmawati, mengarah ke RSUD Kota Semarang (Ketileng). Bertemu RS, ambillah arah kiri (menuju Perum Klipang) menuju Klipang Golf.

Begitu sampai di Klipang Golf, kamu boleh lanjut melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan, di situ belok kanan. Ambil jalan lurus, kurang lebih 2 kilometer di depan kamu akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.

2. Arah Barat Semarang:

Rute Brown Canyon juga bisa diambil dari arag barat, yakni melalui Batang, Kendal dan Simpang Lima Semarang. Ambillah arah menuju pertigaan “Pasar Kambing” lalu Mrican, Kedung Mundu, hingga Sambiroto. Sesampainya di pertigaan Intan Permai, belok ke kiri (Jalan Elang) dan terus saja hingga mencapai perempatan Pasar Meteseh, di situ belok kiri.

3. Arah dari Semarang atas, Solo dan Yogyakarta:

Buat kamu yang datang dari arah atas Semarang, Solo atau Jogja bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuruni Sigar Bencah hingga tiba di perempatan Pasar Meteseh. Dari sana, langsung saja ambil jalan lurus.

Persiapan mengunjungi Brown Canyon

Berhubung area ini belum menjadi destinasi wisata untuk turis, maka ada beberapa hal yang kamu mesti persiapkan untuk petualangan kamu.

  • Tempat ini merupakan tempat penambangan yang masih aktif, maka datanglah pada hari libur. Jika memang datang di hari kerja, jangan lupa siapkan masker dan kacamata karena debunya lumayan ngebul.
  • Kendaraan yang paling cocok untuk dipakai ke Brown Canyon adalah sepeda motor. Pilihan lainnya adalah Jeep atau kendaraan 4×4 lainnya. Namun jalanan desa yang berbatu akan lebih menantang jika ditelusuri dengan sepeda.
(IMG: darimatahatiryorebi)
(IMG: darimatahatiryorebi)

Nah, kalau kamu tertarik mengunjungi Brown Canyon di Semarang, bisa sekalian jalan-jalan ke Karimunjawa lho travelers. Untuk mencapai kepulauan Karimunjawa yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya, kamu bisa naik kapal cepat dari Pelabuhan Tanjung Emas (atau Tanjungmas). Jangan lupa cek dulu jadwalnya. Atau bisa juga melalui Pelabuhan Kartini di Jepara, 2 jam perjalanan dari Semarang.

 

One thought on “Brown Canyon: Destinasi Wisata Baru Semarang nan Megah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *